Ini Sejarah Keterampilan Menulis Pertama di Dunia

Ini Sejarah Keterampilan Menulis Pertama di Dunia

7 April 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Sejarah mencatat, Nabi ke-2 bagi umat Islam Idris Alaihissalam dinobatkan sebagai manusia pertama yang memiliki keterampilan menulis.

Fakta ini dikutip dari buku berjudul Kitab Peninggalan-Peninggalan Bersejarah Para Nabi karya Abdul Syukur al-Azizi dinukil dari republika.co.id, Selasa, 7 April 2020.

Bukti-buktinya dapat dengan mudah ditemukan di tempat Nabi Idris menyeru kaumnya yaitu bangsa Sumeria dengan karyanya taman gantung.

Serta melekat pada perabot yang kini telah berusia lebih dari 4 ribu tahun. Berisikan tulisan tentang ilmu matematika dalam bentuk huruf paku.

Lalu sekitar 3.500 hingga 3.000 SM hingga merambat ke bangsa Mesir dengan bukti ukiran dan pahatan yang ada di dinding-dinding piramida.

Selain menjadi orang pertama yang memiliki keterampilan menulis, Nabi Idris juga dinobatkan sebagai manusia pertama yang menggunakan pena.

Buktinya berupa potongan naskah kuno tentang peradaban tertua di bumi Lemuria, Atlantis yang hilang ditelan bumi dan prediksi tentang banjir besar.

Sampai Kitab Henokh yang ditulis Nabi Idris dikenal dengan nama Akhnukh. Dalam bahasa Ibrani disebut Henokh.