Taiwan Berbicara Peran WHO Dengan AS, Mengecam Cina Untuk Manipulasi Politik Selama Pandemi Virus Corona

Taiwan Berbicara Peran WHO Dengan AS, Mengecam Cina Untuk Manipulasi Politik Selama Pandemi Virus Corona

3 April 2020
Taiwan Berbicara Peran WHO Dengan AS, Mengecam Cina Untuk Manipulasi Politik Selama Pandemi Virus Corona

Taiwan Berbicara Peran WHO Dengan AS, Mengecam Cina Untuk Manipulasi Politik Selama Pandemi Virus Corona

RIAU1.COM - Taiwan dan Amerika Serikat minggu ini membahas bagaimana mendapatkan "koordinasi yang lebih erat" antara pulau itu dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama wabah koronavirus, menarik teguran dari Cina untuk "manipulasi politik" epidemi.

Taiwan dikecualikan dari WHO karena tekanan diplomatik dari China, yang menganggapnya hanya provinsi yang tidak patuh tanpa hak atas perangkap negara.

Kelalaiannya telah menjadi sumber kemarahan utama bagi Taiwan, yang mengatakan tidak dapat memperoleh informasi langsung dari WHO, yang membahayakan nyawa di pulau itu demi politik. Baik WHO dan China mengatakan Taiwan telah diberikan bantuan yang dibutuhkannya.

Departemen Luar Negeri AS pada hari Kamis mengatakan para pejabat senior dari Amerika Serikat dan Taiwan mengadakan "forum virtual untuk memperluas partisipasi Taiwan di panggung global", dengan fokus khusus pada WHO dan bagaimana cara berbagi model sukses Taiwan dalam memerangi virus corona.

"Peserta juga membahas upaya yang sedang berlangsung untuk mengembalikan status pengamat Taiwan di Majelis Kesehatan Dunia, serta jalan lain untuk koordinasi yang lebih erat antara Taiwan dan Organisasi Kesehatan Dunia," katanya.

Majelis Kesehatan Dunia adalah badan pembuat keputusan WHO.

Taiwan hadir sebagai pengamat dari 2009-2016 ketika hubungan Taipei-Beijing menghangat, tetapi Cina memblokir partisipasi lebih lanjut setelah pemilihan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang Cina anggap sebagai separatis, tuduhan yang dia bantah.

Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan terima kasih kepada Amerika Serikat pada hari Jumat untuk "terus mengambil tindakan nyata untuk mendukung partisipasi Taiwan dalam WHO dan organisasi internasional lainnya".

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan Amerika Serikat dan Taiwan sama-sama menyadari bahwa anggota WHO haruslah negara berdaulat, dan menuduh Taiwan mencari modal politik dari wabah tersebut.

"Kami berharap mereka tidak akan mencoba menggunakan epidemi ini untuk terlibat dalam manipulasi politik," katanya dalam jumpa pers harian.

Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang baru bulan lalu yang membutuhkan peningkatan dukungan untuk peran internasional Taiwan. Cina mengancam akan membalas dendam yang tidak ditentukan.

Seperti kebanyakan negara, Amerika Serikat hanya memiliki hubungan tidak resmi dengan pulau itu, tetapi merupakan pendukung terkuatnya di panggung dunia.

Taiwan telah jauh lebih sukses daripada banyak tetangganya menjaga virus dalam kendali berkat langkah awal dan ketat untuk mengendalikan penyebarannya. Telah dilaporkan 348 kasus dan lima kematian hingga saat ini.

Dalam langkah terakhirnya, Menteri Kesehatan Chen Shih-chung mengatakan pada hari Jumat orang-orang yang tidak memakai masker di transportasi umum akan menghadapi denda.

 

 

R1/DEVI