Seekor Kucing di Belgia Tertular Virus Corona dari Majikannya

Seekor Kucing di Belgia Tertular Virus Corona dari Majikannya

28 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Virus corona atau Covid-19 ternyata juga bisa menular dari manusia ke hewan, seperti yang terjadi di Belgia. Seekor kucing dikabarkan terinfeksi Covid-19 dari majikannya.

Fenomena ini muncul ketika para ilmuwan di seluruh dunia berjuang untuk upaya penyembuhan atau vaksin untuk Covid-19.

Satu minggu setelah pemiliknya didiagnosis terinfeksi Covid-19, kucing mereka menunjukkan gejala penyakit yang sama, termasuk masalah pernapasan dan diare.

Juru bicara pusat krisis virus Corona Belgia, Emmanuel Andre, mencoba meyakinkan masyarakat bahwa hewan yang terinfeksi adalah 'kasus yang terisolasi'.

"Tidak ada alasan untuk berpikir bahwa hewan adalah vektor dari epidemi, dan risiko orang menjadi sakit akibat peliharaan mereka tetap sangat rendah," sebutnya.

Andre menambahkan, kucing itu terjangkit penyakit karena kontak dekat antara hewan dan tuannya, seperti disitir dari Russia Today, Sabtu 28 Maret 2020.

Hingga saat ini, hanya ada satu kasus lain yang diketahui melibatkan hewan peliharaan yang terinfeksi Covid-19 oleh pemiliknya.

Loading...

Pada awal Maret, seekor anjing di Hong Kong ditempatkan di karantina setelah dites, ternyata positif terjangkit virus tersebut.

Korban Covid-19 di Belgia mencapai 289 orang telah meninggal, dengan 1.049 kasus baru dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir membawa total kasus di sana sejak awal pandemi menjadi 7.284 orang.

 

 

 

 

Sumber: SindoNews.com