Amerika Serikat Ciptakan Alat Deteksi Covid-19, Hasilnya Cukup 5 Menit Sudah Keluar

Amerika Serikat Ciptakan Alat Deteksi Covid-19, Hasilnya Cukup 5 Menit Sudah Keluar

28 Maret 2020
Ilustrasi tes sampel pasien virus corona.

Ilustrasi tes sampel pasien virus corona.

RIAU1.COM - Amerika Serikat sudah menciptakan alat deteksi virus corona tercepat. Hanya dalam 5 menit hasilnya sudah keluar. 

 

Sebuah laboratorium asal Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan alat tes portabel yang dapat mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak. 

Hasil pengetesan bisa diketahui hanya dalam lima menit.

Alat tes portabel ini sangat ringkas, ukurannya tak lebih dari pemanggang roti kecil. Alat ini bekerja dengan teknologi molekuler. Jika hasil positif bisa diketahui dalam lima menit, maka hasil negatif bisa keluar dalam 13 menit.

Hal ini diungkap dalam pernyataan resmi Abbott Laboratories. Dengan ukuran yang kecil, alat ini tak mesti dioperasikan di rumah sakit.

"Sehingga, bisa dibawa ke titik-titik penyebaran," kata Presiden dan Chief Operating Officer Abbott Robert Ford, seperti dikutip AFP.


Abbott dan FDA akan mengirimkan alat ini ke pusat-pusat penularan virus SARS-COV-2.

Menurut laboratorium itu, pihaknya telah mendapat izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Dengan izin ini, minggu depan mereka mereka bisa segera menyalurkan alat tes tersebut bagi para penyedia layanan kesehatan.

"Pandemi COVID-19 akan dilawan dari berbagai bidang. Alat tes molekuler portabel yang menawarkan hasil dalam hitungan menit ini akan menambah berbagai solusi diagnostik yang diperlukan untuk memerangi virus ini," tuturnya, seperti dilansir CNN Indonesia, Sabtu, 28 Maret 2020.

 

Tes belum dibersihkan atau disetujui oleh FDA, dan hanya diizinkan untuk penggunaan darurat oleh laboratorium dan penyedia layanan kesehatan yang disetujui, kata perusahaan itu.

R1 Hee.