Australia Meluncurkan Penyelidikan Nasional Terhadap Kebakaran Hutan

Australia Meluncurkan Penyelidikan Nasional Terhadap Kebakaran Hutan

20 Februari 2020
Australia Meluncurkan Penyelidikan Nasional Terhadap Kebakaran Hutan

Australia Meluncurkan Penyelidikan Nasional Terhadap Kebakaran Hutan

RIAU1.COM - Australia membuat penyelidikan nasional pada Kamis mengenai krisis kebakaran hutan lima bulan yang memengaruhi tiga dari empat warga Australia dan memicu kecaman luas dari pemerintah atas respons lambannya terhadap kobaran api.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan skala besar dari kebakaran - yang menewaskan lebih dari 30 orang dan menghancurkan ribuan rumah - memerlukan respons baru dari negara yang rawan kebakaran.

Penyelidikan Komisi Kerajaan akan ditugaskan untuk menemukan cara untuk meningkatkan kesiapsiagaan, ketahanan, dan respons Australia terhadap bencana alam.

Morrison mengatakan akan diminta untuk mempertimbangkan pembentukan kekuatan baru bagi pemerintah federal untuk mendeklarasikan keadaan darurat nasional, yang menurutnya akan memungkinkan respons lebih cepat terhadap kebakaran.

Pemimpin konservatif, yang dikritik karena reaksinya yang lamban terhadap krisis selama berbulan-bulan, telah membela tindakannya dengan menunjuk pada peraturan yang mengharuskan negara untuk secara resmi meminta bantuan federal.

Dia mengklaim telah beroperasi di "zona abu-abu konstitusional" dengan mengerahkan ribuan tentara dan pasukan cadangan untuk membantu pemulihan kebakaran hutan.

"Kami melakukan itu tanpa aturan yang jelas," kata Morrison.

Australia telah melihat lusinan pemeriksaan penyebab kebakaran hutan dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memitigasi mereka, dengan hasil yang beragam.

Banyak langkah dari lusinan pemeriksaan yang kembali ke tahun 1930-an masih belum dilaksanakan.

Krisis terbaru telah memicu seruan agar pemerintah konservatif Australia untuk segera mengambil tindakan terhadap perubahan iklim, dengan protes jalanan mendesak Morrison untuk mengurangi ketergantungan negara itu pada batubara.

Perdana menteri terlambat mengakui hubungan antara bencana kebakaran hutan dan planet pemanasan, tetapi juga menjelaskan rencana pemerintahnya untuk fokus pada adaptasi iklim dan membangun ketahanan menjelang langkah-langkah untuk mengurangi emisi.

Penyelidikan akan dipimpin oleh mantan kepala Angkatan Udara Mark Binskin, bersama dengan pensiunan hakim Pengadilan Federal Annabelle Bennett dan pengacara lingkungan Profesor Andrew Macintosh.

Morrison mengatakan mereka akan diminta untuk melaporkan temuan mereka pada 31 Agustus, "sehingga rekomendasi dapat ditindaklanjuti sebelum musim kebakaran berikutnya".

Musim kebakaran terakhir dimulai pada awal September, dengan kematian pertama dicatat sebulan kemudian.

 

 

 

 

 

R1/DEVI