Gunakan Lilin Untuk Penerangan Panti Asuhan di Haiti Alami Kebakaran, Belasan Bayi dan Anak-Anak Tewas Terpanggang

Gunakan Lilin Untuk Penerangan Panti Asuhan di Haiti Alami Kebakaran, Belasan Bayi dan Anak-Anak Tewas Terpanggang

15 Februari 2020
Gunakan Lilin Untuk Penerangan Panti Asuhan di Haiti Alami Kebakaran, Belasan Bayi dan Anak-Anak Tewas Terpanggang

Gunakan Lilin Untuk Penerangan Panti Asuhan di Haiti Alami Kebakaran, Belasan Bayi dan Anak-Anak Tewas Terpanggang

RIAU1.COM - Sebuah kebakaran melanda sebuah rumah anak-anak Haiti yang dikelola oleh kelompok nirlaba yang bermarkas di AS, menewaskan sekita 13 anak-anak, kata petugas layanan kesehatan pada Jumat, 15 Februari 2020.

Rose-Marie Louis, seorang pekerja penitipan anak di rumah itu, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa dia melihat 13 mayat anak-anak dibawa dari Panti Asuhan the Church of Bible Understanding di daerah Kenscoff di luar Port-au-Prince, ibukota Haiti .

Marie-Sonia Chery, seorang perawat di Rumah Sakit Misi Baptis terdekat, membenarkan bahwa 13 anak laki-laki dan perempuan telah meninggal.

Louis, yang bekerja di rumah itu, mengatakan kebakaran mulai sekitar jam 9 malam Kamis (02:00 GMT Jumat) dan petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk tiba. Panti asuhan telah menggunakan lilin untuk penerangan karena masalah dengan generator dan inverternya, katanya.

Sekitar setengah dari mereka yang meninggal adalah bayi atau balita dan yang lainnya berusia sekitar 10 atau 11 tahun, kata Louis.

Catiana Joseph, seorang dokter di rumah sakit Misi Baptis, memberikan catatan berbeda, mengatakan bahwa korban berusia antara tiga dan 18 tahun. Tidak ada penjelasan terkait perbedaan tersebut.

Petugas penyelamat tiba di tempat kejadian dengan sepeda motor dan tidak memiliki botol oksigen atau ambulans yang diperlukan untuk membawa anak-anak ke rumah sakit, kata Jean-Francois Robenty, seorang pejabat perlindungan sipil.

"Mereka bisa diselamatkan," katanya. ″ Kami tidak memiliki peralatan untuk menyelamatkan hidup mereka. "

Robenty mengatakan para pejabat percaya tubuh anak-anak lain tetap di dalam dan pekerja darurat berusaha menarik mereka keluar pada hari Jumat.

Pekerja panti asuhan di tempat kejadian mengatakan mereka percaya dua mayat masih di dalam.

The Associated Press telah melaporkan serangkaian masalah yang sudah berlangsung lama di dua rumah anak yang dikelola oleh Church of Bible Understanding.

Loading...

Gereja the Church of Bible Understanding kehilangan akreditasi untuk panti asuhannya setelah serangkaian inspeksi dimulai pada November 2012. Inspektur Haiti menyalahkan kelompok itu karena kepadatan, kondisi tidak bersih dan tidak memiliki staf yang cukup terlatih.

Anggota kelompok agama itu menjual barang-barang antik yang mahal di toko-toko kelas atas di New York dan Los Angeles dan menggunakan sebagian dari keuntungannya untuk mendanai rumah-rumah itu.

Associated Press melakukan kunjungan mendadak ke dua rumah kelompok itu, menampung total 120 anak-anak, pada tahun 2013 dan menemukan tempat tidur bertingkat dengan kasur pudar dan usang memenuhi kamar-kamar kotor. Udara asam menghembus melalui kamar mandi dan tangga. Kamarnya gelap dan sederhana, tidak memiliki kenyamanan atau dekorasi.

Gereja the Church of Bible Understanding, yang berbasis di Scranton, Pennsylvania, mengoperasikan dua rumah untuk hampir 200 anak di Haiti sebagai bagian dari "program pelatihan Kristen", menurut pengajuan organisasi nirlaba terbaru. Ini telah beroperasi di negara itu sejak tahun 1977. Rumah itu mengidentifikasi rumah-rumah itu sebagai panti asuhan, tetapi sudah umum di Haiti bagi orang tua yang miskin untuk menempatkan anak-anak di pusat perawatan perumahan, di mana mereka menerima penginapan dan pendidikan yang sangat bervariasi selama beberapa tahun, tetapi secara teknis bukan anak yatim.

"Kami menerima anak-anak yang berada dalam situasi putus asa," kata organisasi itu dalam pengajuan pajak untuk 2017, tahun terakhir yang tersedia. "Banyak dari mereka yang hampir mati ketika kita menerima mereka." Nirlaba melaporkan pendapatan $ 6.6juta dan biaya $ 2.2juta untuk tahun ini.

Seorang anggota organisasi yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai "Jim" melalui panggilan telepon merujuk pertanyaan-pertanyaan tentang api kepada pengacara mereka di Haiti, yang tidak akan dia identifikasi.

 

 

R1/DEVI