Jepang Serang Pearl Harbor, Peristiwa Yang Merubah Wajah Dunia

Jepang Serang Pearl Harbor, Peristiwa Yang Merubah Wajah Dunia

7 Desember 2019
Ilustrasi serangan Jepang ke Pearl Harbor (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi serangan Jepang ke Pearl Harbor (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Gempuran tentara Jepang pada 7 Desember 1941 ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii terbukti merubah wajah dunia saat itu.

Selain menyebabkan 2.402 orang Amerika Serikat tewas dan 1.282 orang terluka, juga membuat AS menyatakan perang terhadap Jepang, Jerman dan Italia dinukil dari kompas.com, Sabtu 7 Desember 2019.

Tak hanya itu AS menyatakan ikut dalam perang dunia II. Langkah ini mengubah sikap AS dalam perang yang bergejolak di Eropa dan Asia Pasifik.

Pada 8 Desember Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jepang. Tiga hari kemudian, Jerman menyatakan perang terhadap Amerika Serikat. Kondisi ini menjadikan Amerika Serikat tergabung dengan pasukan Sekutu dan terlibat pertempuran di Eropa dan Asia Pasifik.

Sementara Jerman dan Italia menyatakan perang terhadap AS pada 11 Desember 1941.

Loading...

Setelah 1941, para pemimpin Persemakmuran Inggris (Australia, Selandia Baru, Kanada, dan Persatuan Afrika Selatan), Republik Sosialis Uni Soviet, dan Amerika Serikat, memegang kepemimpinan dari kekuatan pasukan sekutu.

Kelompok ini mulai membagi tugasnya masing-masing untuk melakukan serangan dari kelompok poros, yaitu Jerman, Jepang, dan Italia.

Untuk Jepang, AS menjatuhkan bom nuklir sekaligus menutup perang dunia II. Terjadi setelah Presiden AS Harry S Truman memerintahkan serangan terhadap kota-kota Jepang. Hiroshima dan Nagasaki menjadi korban jatuhnya bom nuklir pada Agustus 1945.