India Targetkan Miliki Stasiun Luar Angkasa Pribadi

India Targetkan Miliki Stasiun Luar Angkasa Pribadi

16 Juni 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Stasiun luar angkasa kian diminati diberbagai negara. Kali ini, India juga menargetkan unruk memiliki stasiun luar angkasa sendiri.

Dikutip dari Suara.com pada Minggu (16/6/2019), proyek yang diberi nama Gaganyaan ini akan rampung dalam 5 - 7 tahun. Secara harfiah, Gaganyaan sendiri berarti kendaraan antariksa yang akan memiliki bobot hingga 20 ton.

"Kami harus mempertahankan misi Gaganyaan setelah misi peluncuruan manusia ke luar angkasa. India berencana untuk memiliki stasiun luar angkasa sendiri," ujar kepala ISRO K. Sivan.



Gaganyaan akan dipersiapkan oleh Indian Space Research Organization (ISRO). Nantinya, stasiun luar angkasa ini diroyeksikan untuk menjalani eksperimen gaya berat mikro dan ditargetkan untuk mampu menampung astronot sekitar 15 hingga 20 hari di ruang hampa.

Menariknya, ISRO optimis bisa mengerjakan proyek ini tanpa campur tangan pihak luar. Artinya, mereka menolak untuk bekerjasama dengan pihak swasta maupun lembaga antariksa dari negara lain.



Selain mengungkap Gagayaan, ISRO juga menyampaikan misi antariksa mereka selanjutnya, yaitu membawa wahana Aditya-L1 untuk mempelajari korona matahari yang mengubah iklim di Bumi.

Satu ambisi lainnya, mereka juga bertekad untuk mengeksplorasi Planet Venus.