//riau1.com/

#internasional

37 Penumpang yang Selamat Sebut Soal Petir Diduga Jadi Penyebab Terbakarnya Sukhoi Superjet 100 di Moskow

R1/surya


Situasi saat pesawat Aeroflot terbakar di bandara Moskow. Foto: Reuters. Situasi saat pesawat Aeroflot terbakar di bandara Moskow. Foto: Reuters.

RIAU1.COM -Pilot pesawat maskapai Rusia, Aeroflot, selamat dari insiden terbakarnya Sukhoi Superjet 100 di Moskow. Sang pilot menyebut petir menjadi pemicu pendaratan darurat pesawat yang berakhir tragis.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/5/2019), para penyidik Rusia tengah mencari tahu penyebab insiden maut yang menewaskan 41 orang tersebut. Diketahui bahwa pesawat yang membawa 78 orang itu terbang kembali ke Bandara Sheremetyevo, Moskow setelah lepas landas pada Minggu (5/5/2019) malam waktu setempat.

Pilot Denis Yevdokimov menuturkan kepada surat kabar setempat, Komsomolskaya Pravda, pesawat sempat hilang kontak saat di udara dan harus mengaktifkan mode kendali darurat 'karena petir'. Tidak disebut lebih lanjut apakah petir itu mengenai pesawat secara langsung. 

"Kami berhasil memulihkan saluran komunikasi melalui frekuensi darurat pada sambungan radio kami. Namun saluran itu hanya berfungsi dalam waktu singkat dan terus terputus. Hanya dimungkinkan untuk mengatakan beberapa kata," tutur Yevdokimov.



BACA JUGA : Di Amerika, Vaping Jadi Penyebab 150 Kasus Penyakit Paru-Paru Parah

Video-video yang muncul di media sosial menunjukkan pendaratan keras yang dialami pesawat dengan nomor penerbangan SU 1492 tersebut. Pesawat kemudian terlihat melaju di landasan dengan api berkobar di lambung pesawat bagian belakang. 

Video itu juga menunjukkan para penumpang menyelamatkan diri melalui seluncuran darurat di bagian depan pesawat dan kemudian berlari menjauhi kepulan asap pekat yang membubung ke udara. Sebuah video lainnya yang direkam dari dalam kabin menunjukkan kobaran api besar yang terlihat dari jendela pesawat. 

Para penumpang panik dan menangis dalam video tersebut. Dituturkan pilot Yevdokimov bahwa dirinya meyakini pesawat terbakar saat pendaratan darurat karena tangki bahan bakar yang terisi penuh.



BACA JUGA : Kisah Vokalis Queen, Freddie Mercury Yang Meninggal Karena AIDS

Secara terpisah, seorang sumber pada Dinas Darurat Rusia menyebut kotak hitam pesawat telah ditemukan dan diserahkan kepada para penyidik Rusia. Keterangan pilot Yevdokimov ini muncul setelah beberapa orang dari 37 penumpang yang selamat juga menyebut soal petir yang dicurigai menjadi penyebab insiden ini. 

"Saya melihat kilatan cahaya putih," tutur Dmitry Khlebushkin kepada kantor berita RIA.

Sementara itu, penumpang selamat lainnya bernama Pyotr Egorov, mengatakan, pesawat yang ditumpanginya baru saja lepas landas saat pesawat disambar petir. Pendaratannya sangat keras hingga ia nyaris pingsan karena ketakutan. Pesawat sedikit melompat saat menyentuh landasan seperti belalang dan kemudian terbakar di daratan.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)