//riau1.com/

#indragiri-hulu

Sering Terjadi Laka Lantas, Satlantas Polres Inhu Kunjungi Kantor PO Bus dan Travel

R1/yuzwa


Sering Terjadi Laka Lantas, Satlantas Polres Inhu Kunjungi Kantor PO Bus dan Travel Sering Terjadi Laka Lantas, Satlantas Polres Inhu Kunjungi Kantor PO Bus dan Travel

RIAU1.COM -Polres Inhu Polda Riau dalam hal ini personel Satuan Lantas Polres Inhu mengunjungi sejumlah kantor perwakilan Perusahaan Otobus (PO) dan Travel yang beroperasi diwilayah hukum Polres Inhu.

 Tujuan dari kunjungan itu untuk memberikan pemahaman tentang keselamatan dalam berlalu lintas dan sekaligus mengecek kondisi armada angkutan dari masing-masing PO atau Travel tersebut yang laik jalan.

"Dalam beberapa kasus Kecelakaan Lalu Lintas yang terjadi akhir-akhir ini, mayoritas dialami oleh kendaraan angkutan umum dan travel. Maka dari itu kita datang untuk memberikan edukasi serta pemahaman keselamatan dalam berlalu lintas," kata Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso SIK MSi melalui Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Rocky Junasmi SIK didampingi Kanit Laka Ipda Damsuri Putra dan PS Kasubsi Penmas Polres Inhu Aipda Misran diruang kerjanya, Selasa (22/2).

Dikatakan Rocky, setelah mendatangi PO, angkutan umum dan travel, pihaknya berharap agar para pelaku jasa angkutan umum tersebut mengerti dan paham akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

Ada beberapa indikator utama untuk aman dan tertib dalam berlalu lintas. Pertama, pengetahuan supir tentang aturan berlalu lintas, seperti marka dan rambu-rambu lalulintas, trafik light hingga penggunaan lampu sen dan fungsi simbol lainnya pada kendaraan bermotor.

"Tidak kalah penting adalah kondisi kendaraan yang laik jalan. Misalnya kondisi ban, rem dan fungsi vital lainnya pada kendaraan bermotor," jelas Rocky.

Tidak hanya itu, sambung Rocky, pada Januari lalu, Satlantas Polres Inhu datang ke Dinas Perhubungan (Dishub) Inhu untuk berkoordinasi terkait masalah lalu lintas dan angkutan jalan diwilayah hukum Polres Inhu.

"Ada beberapa hal penting yang kami bahas, seperti kondisi jalan, sarana dan prasarana jalan serta kondisi kendaraan yang laik jalan," sebutnya. 

Rocky menuturkan, bahwa dalam pertemuan itu, pihak Dishub Inhu memberikan respon positif dan berupaya melengkapi sarana maupun prasarana jalan yang dinilai belum maksimal sebagai upaya menekan angka Laka Lantas diwilayah Kabupaten Inhu. 

"Untuk sementara waktu, Satlantas Polres Inhu telah memasang spanduk imbauan pada setiap titik rawan Laka Lantas. Kita berharap agar para pengemudi dan masyarakat pengguna jalan lebih berhati-hati ketika melewati titik rawan tersebut," kata Rocky.

Dalam kesempatan ini, Rocky mengimbau kepada seluruh masyarakat dan atau para penumpang angkutan umum maupun travel, jika melihat sopir ugal-ugalan dijalan raya untuk menegur langsung atau segera melaporkan ke pihak yang berwajib atau bisa lewat akun instagram Satlantas Polres Inhu dengan nama akun satlantas_polresinhu.





Loading...
loading...