f Memasuki Musim Kemarau, KPBD Inhu Imbau Warga Waspada Karhutla | RIAU1.COM
//riau1.com/

#indragiri-hulu

Memasuki Musim Kemarau, KPBD Inhu Imbau Warga Waspada Karhutla

R1/yuzwa


Kepala kpbd inhu Kepala kpbd inhu

RIAU1.COM -Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPDB) Inhu, Riau mengimbau kepada warga agar tetap waspada akan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah masing-masing.

Karena saat ini sedang memasuki musim kemarau, sehingga suhu pada siang hari lebih panas hingga mencapai 32 derajat celsius.

"Untuk tidak terjadi bahaya Karhutla, ada beberapa langkah-langkah yang dilakukan Tim Satgas KPBD Inhu sebagai upaya pencegahan. Seperti patroli rutin ke ke daerah rawan Karhutla bersama personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas," kata Kepala KPBD Inhu, Ergusfian kepada wartawan, Sabtu 12 Juni 2021.

Ergusfian menambahkan, bahwa setiap personelnya yang berada ditiap-tiap kecamatan siap siaga memantau titik api (hot spot) jika sewaktu-waktu terjadi.
"Kita selalu memonitor Karhutla melalui Aplikasi Lancang Kuning. Selain itu, kita juga terus berkoordinasi dengan Satgas di provinsi, baik darat maupun udara," kata dia.
Pihaknya juga memiliki WhatsApp Group (WAG) khusus yang diberi nama Kakulatolip. Dimana, dalam WAG itu ada semua unsur didalamnya, baik itu TNI/Polri, Kepala Desa dan Relawan Karhutla.
"Jika dilihat dari aplikasi itu ada ditemukan titik api maka Satgas kita langsung turun ke lokasi untuk meninjau walau belum ditemukan menjadi api," jelasnya.

Baca Juga: Pemerintah Perpanjang Masa Pendaftaran CPNS dan PPPK

Ditambahkannya, sejak memasuki musim kemarau, sudah beberapa kali muncul titik api. Akan tetapi saat di cek ke lokasi belum ditemukan titik api. Kendati begitu personelnya tetap meningkatkan patroli rutin.

"Beberapa waktu lalu ada muncul titik api di Desa Air Jernih, Kecamatan Rengat Barat tapi apinya belum membesar dan telah berhasil kita padamkan," sebutnya.

Lain pihak, Kepala BMKG Japura, Selamat kepada wartawan melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan mereka, suhu panas di wilayah Kabupaten Inhu hingga mencapai 32 derajat celcius.
"Daerah kita sudah masuk musim kemarau. Untuk itu kita harus tetap waspada akan terjadi Karhutla," katanya.





Loading...
loading...