Desa Sungai Dawu Inhu Sosialisasi Vaksinasi Lansia

Desa Sungai Dawu Inhu Sosialisasi Vaksinasi Lansia

4 Juni 2021
Kades Sungai Dawu, Achmad Isa diatas mimbar memberikan pengarahan kepada warganya/Yuzwa

Kades Sungai Dawu, Achmad Isa diatas mimbar memberikan pengarahan kepada warganya/Yuzwa

RIAU1.COM -Pemerintah Desa Sungai Dawu, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau mensosialisasikan vaksinasi khusus kepada Lanjut Usia (Lansia) pada Kamis 3 Juni 2021.
Sosialisasi itu sekaligus mengajak para Lansia untuk bersedia datang ke Gedung Serba Guna Desa Sungai Dawu untuk di suntik vaksin.
Bersama dr Reza dari Dinas Kesehatan Inhu, perangkat desa berkeililng desa menyampaikan tentang bahaya Covid-19. 


Yang mana, kasus Covid-19 disejumlah wilayah di Kabupaten Inhu setiap hari jumlahnya terus meningkat.
Setelah warga yang bersedia di vaksin dan hadir didalam gedung serba guna, perangkat desa bersama dr Reza memberikan pengarahan tentang manfaat usai di vaksin dan upaya pencegahannya.
Kades Sungai Dawu, Achmad Isa didepan warganya mengatakan, kegiatan ini demi terciptanya Desa Sungai Dawu bebas dan aman dari wabah Cpvid-19.


"Seauai dengan tema "Masyarakat Sehat Negara Kuat" kami mengajak seluruh warga desa khususnya para Lansia untuk mau dilakukan vaksin. Hal itu agar stamina tubuh kita tetap terjaga dan terhindar dari wabah Covid-19," kata Isa.

Saat ini di Desa Sungai Dawu ada 9 orang warga yang terpapar Covid-19. Maka dari itu pemberian vaksinasi di khususkan kepada para Lansia.
"Mengapa di khususkan Lansia. Karena para Lansia yang berusia diatas 60 tahun rentan akan tertular virus memaikan tersebut. Sehingga kita jauh-jauh hari sudah melakukan sosialisasi dengan tujuan agar para Lansia bersedia di vaksin," tambah Isa.


Isa menambahkan, bahwa Desa Sungai Dawu telah memiliki Posko PPKM. Posko itu juga sebagai tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid-19.
Serta memiliki posko penjagaan untuk memantau warga keluar masuk desa. Dimana, setiap warga yang datang maupun keluar desa aka di cek suhu tubuhnya oleh Tim Satgas Covid-19 Desa Sungai Dawu.
Pemerintah deaa juga memberikan bantuan Sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa bagi warga yang terpapar.


"Saya imbau agar warga mematuhi Protokol Kesehatan. Untuk sementara ini segala kegiatan yang mengundang keramaian, seperti yasinan rutin baik siang atau malam ditiadakan. Dengan begitu kita dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19" pesan Isa.
Vaksin itu gratis maka dari itu kepada warga, Isa berharap agar bersedia di vaksin. 
"Bagaimana manfaat dan tujuan dari vaksin itu sendiri biar nanti dr Reza yang akan menjelaskannya," kata Isa mengakhiri.