//riau1.com/

#indragiri-hulu

2 Anak Warganya Lulus jadi Polisi, Kepala Suku Talang Mamak Batin Denan Silaturahmi dengan Kapolres Inhu

R1/yuzwa


Kapolres Inhu AKBP Efrizal (kiri) menerima cinderamata dari Batin Denan (kanan) Kapolres Inhu AKBP Efrizal (kiri) menerima cinderamata dari Batin Denan (kanan)

RIAU1.COM - Sekitar 15 orang warga suku Talang Mamak dari beberapa keluarga, mendatangi Mako Polres Inhu, Kamis 19 November 2020 siang.

Kedatangan suku Talang Mamak yang berasal dari Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau itu dipimpin oleh Batin Denan (ketua adat-red), tokoh adat, tokoh pemuda serta sejumlah wanita paruh baya sambil membawa anak-anak, dari anggota keluarga Batin Denan.

Kehadiran Batin Denan bersama rombongan disambut Kapolres Inhu AKBP Efrizal didampingi PJU Polres Inhu, di pintu masuk utama gedung Mako Polres Inhu.

Disebutkan, kedatangan Batin Denan dalam rangka ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada Kapolres Inhu AKBP Efrizal beserta keluarga besar Polres Inhu atas kelulusan dua anak mereka, Andika Swanda dan Anto, sebagai Bintara Polri.

Baca Juga: KPU Inhu Siapkan Kuasa Hukum Tambahan

"Atas nama Batin Suku, Ketua Adat, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Inhu. Karena telah membimbing dua anak kami yang telah menjadi polisi," kata Batin Denan, dalam sambutannya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Talang Jerinjing, Sudirman menambahkan, langkah yang sudah ditempuh anak-anak mereka, Andika Swanda dan Anto, akan menjadi motivasi dan sebagai pemicu semangat bagi kalangan pemuda Talang Mamak lainnya.

"Ini sejarah bagi kami. Sudah 75 tahun Indonesia Merdeka, baru kali ini ada dua orang anak suku Talang Mamak yang menjadi polisi," kata dia.

Dalam dari pada itu, Kapolres Inhu AKBP Efrizal menuturkan, bahwa Andika Swanda dan Anto, yang telah lulus tes polisi, dengan demikian sudah sah menjadi keluarga besar Polri.

Kata Efrizal, bahwa ini merupakan bukti nyata jika proses seleksi penerimaan anggota Polri saat ini benar-benar bersih dan transparan. Efrizal berharap didalam penerimaan anggota Polri berikutnya akan lebih banyak lagi anak suku Talang Mamak berhasil jadi polisi.

Baca Juga: Terancam Dilaporkan ke DKPP, KPU Inhu Pilih Diam

"Suatu kebanggaan bagi saya sebagai Kapolres, di masa jabatan saya ada dua anak suku Talang Mamak yang lulus jadi polisi. Hal ini harus menjadi kebanggan tersendiri bagi orangtua, tokoh adat dan masyarakat suku Talang Mamak," sebut Efrizal.

Rombongan Batin Denan ke Mako Polres Inhu sembari membawa alat musik tradisional dan beberapa barang bawaan lainnya, berupa hasil kerajinan tangan khas Talang Mamak.

Dalam pertemuan itu juga di tampilkan tarian pencak silat Talang Mamak. Tarian itu sebagai bentuk ucapan terima kasih. Usai ramah tamah, Batin Denan memberikan satu ekor ayam, bakul dan sebuah tikar pandan kepada Kapolres.

Untuk diketahui, dua anak suku Talang Mamak, Andika Swandan dan Anto lulus tes Bintara Polri tahun anggaran 2020. Keduanya merupakan anak petani karet dan berasal dari keluarga sederhana yang lulus dari rekrutmen program (Retpro) khusus suku pedalaman serta berprestasi hingga ke tingkat nasional.

Andika Swanda dan Anto, merupakan anak didik atau binaan Bhabinkamtibmas Desa Talang Jerinjing, Brigadir Komarudin. Melalui tangan Brigadir Komarudin, kedua anak suku Talang Mamak itu mendapat binaan fisik dan non fisik, hingga lulus tes Bintara Polri.





Loading...
loading...