Cerita Turun Temurun Asal Penamaan Kelayang, Sebuah Kecamatan di Inhu Riau

Cerita Turun Temurun Asal Penamaan Kelayang, Sebuah Kecamatan di Inhu Riau

12 September 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Menurut cerita turun temurun, Kecamatan Kelayang yang terletak di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau pertama kali diberi nama Kolam Loyang atau disingkat Keloyang.

Sementara tulisan dari Mahyudin Al Mudra dan Tuti Sumarnigsih dalam buku yang berjudul Mahligai Keloyang: Asal Mula Nama Kelayang, Kolam Loyang merupakan tempat pemandian bidadari yang turun dari kayangan dinukil dari ceritanusantara.com, Sabtu, 12 September 2020.

Karena tidak tahu dengan kolam tersebut seorang Datuk dari Kerajaan Indragiri bernama Datuk Sakti memilih beristirahat di lokasi. Menjelang malam bulan purnama. Ini dilakukannya setelah penat seharian melihat keadaan rakyat.

Sementara para bidadari yang sudah terbiasa mandi tanpa ragu melakukan aktifitas rutinnya. Karena riuhnya suasana malam itu, Datuk terbangun lalu kagetnya melihat paras bidadari tersebut.

Niatnya untuk memperistri salah satu bidadari pun muncul. Dengan berbagai cara dia terus berusaha keras hingga impiannya itu pun terwujud.

Namun sayang, pernikahaan mereka tak beralangsung lama. Walaupun telah dikaruniai sepasang anak.

Mereka berpisah lantaran Datuk tak menepati janjinya untuk tidak menceritakan asal usul istrinya saat pertama kali melamar.

Karena wujudnya telah diketahui banyak orang, bidadari ini lalu kembali ke kayangan dan meninggalkan dua anak beserta suaminya. Datuk sedih begitu pun sang buah hati.

Untuk mengenang sang istri sekaligus ibu bagi anak-anaknya, setiap malam purnama mereka bertiga pergi ke kolam pemandian. Hingga akhirnya, kampung tempat mereka tinggal diberi nama Keloyang.

Seiring perkembangan zaman, Keloyang berubah menjadi Kelayang, salah satu kecamatan di Inhu, Riau.