Rabu Depan 20.380 KK Warga Inhu Terima BLT

Rabu Depan 20.380 KK Warga Inhu Terima BLT

11 Juli 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Bupati Inhu H Yopi Arianto SE memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Provinsi Riau kepada warga Inhu yang terdampak Covid-19 dapat dilakukan pada Rabu 15 Juli 2020 mendatang. Penyaluran dana BLT tersebut akan dilakukan melalui virtual akun Bank Riau Kepri (BRK).

"Penyaluran BLT akan dilakukan pada Rabu pekan depan. Kemarin beberapa desa harus melakukan koreksi terhadap NIK para calon penerima BLT. Sebab, penyalurannya dilakukan melalui virtual akun," kata Bupati Inhu Yopi Arianto kepada awak media, Sabtu 11 Juli 2020.

Bupati Yopi menegaskan, dana BLT dari Kabupaten Inhu juga akan dicairkan hari yang sama. Besaran BLT dari Provinsi Riau dan Kabupaten Inhu akan di salurkan kepada setiap Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp300 ribu perbulannya.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Inhu, jumlah penerima BLT yang bersumber dari Provinsi Riau sebanyak 20.380 KK dan jumlah penerima BLT yang bersumber dari Kabupaten Inhu sebanyak 19.384 KK.

Selain dana BLT dari provinsi dan kabupaten, lanjut Bupati Yopi, juga mengimbau kepada seluruh desa agar segera menyalurkan BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk tahap kedua dan tahap ketiga kepada warga yang membutuhkan.

Pasalnya, sesuai dengan data yang diterima dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Inhu dari 178 desa yang ada, masih ada desa yang belum melakukan penyaluran BLT DD tahap dua dan tahap ketiga.

Pada tahap kedua saja misalnya, 158 desa sudah menyalurkan BLT DD. Artinya masih ada 20 desa lagi yang masih belum melakukan penyaluran tahap kedua.

Beberapa desa yang belum menyalurkan BLT DD tersebar di enam kecamatan, 1 desa di Kecamatan Rengat Barat, 1 desa di Kecamatan Kelayang, 7 desa di Kecamatan Lirik, 3 desa di Kecamatan Lubuk Batu Jaya, 4 desa di Kecamatan Rakit Kulim, dan 4 desa di Kecamatan Batang Peranap.

Untuk besaran dana BLT DD tahap dua yang sudah disalurkan sebanyak Rp 5,572,800,000 dengan jumlah penerima 9.288 KK.
Kemudian terdapat 85 desa yang sudah melakukan penyaluran BLT DD tahap ketiga dengan jumlah dana yang sudah disalurkan sebesar Rp2,727,600,000.