Polres Inhu Launching Kampung Tangguh

Polres Inhu Launching Kampung Tangguh

9 Juli 2020
Penaburan bibit ikan di kolam milik kelompok tani di Desa Talang Jerinjing, sebagai Kampung Tangguh, Kams 9 Juli 2020

Penaburan bibit ikan di kolam milik kelompok tani di Desa Talang Jerinjing, sebagai Kampung Tangguh, Kams 9 Juli 2020

RIAU1.COM - Melalui pelaksanaan program Kampung Tangguh Nusantara dan gerakan jaga kampung, semoga masyarakat bisa mengatasi masalah sendiri atau problem solving. Terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan bisa menjaga ketahanan pangan secara mandiri.

Demikian di sampaikan Kapolres Inhu AKBP Efrizal dalam sambutannya pada acara lounching program Kampung Tangguh Nusantara dan Gerakan Jaga Kampung Polres Inhu di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau, Kamis 9 Juli 2020.

Kata Kapolres, bahwa Jaga Kampung merupakan program terbaru Polri dalam memberikan pedoman, edukasi dan motivasi kepada masyarakat, untuk memberdayakan potensi yang ada di sekitar lingkungan masyarakat itu sendiri.

"Hal itu dalam rangka menjaga stabilitas ketahanan pangan serta mengatasi masalah sosial lainnya, yang akan di kelola perangkat pemerintahan desa dan kelurahan, atau yang di kenal dengan 3 pilar, yakni Lurah/Kades, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan elemen masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu Khairzal dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab Inhu mendukung dan memberikan apresiasi atas program Jaga Kampung yang dilaksanakan Polres Inhu.

Selepas berikan sambutan, Kapolres Inhu, Wakil Bupati, Dandim 0302 Inhu serta Forkopimda Inhu lainnya melepas bibit ikan kedalam kolam ikan yang ada di lokasi jaga kampung.

Dilanjutkan dengan penanaman bibit cabe, terong dan palawija lainnya sebagai tanda dimulainya program Jaga Kampung.

Program jaga kampung ini dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Talang Jerinjing, yang merupakan binaan Polres Inhu dibantu PT. SSR melalui program CSR dalam bentuk barang dengan nominal sebesar Rp.131.874.000.

Luas lahan lebih kurang 2 hektar dan 3 kolam ikan, masing-masing berukuran 5x65 meter. Berikut bibit tanaman dan ikan dibudidayakan, cabe seluas 0,6 hektar atau 15.000 batang, terong 0,7 hektar atau 16.000 batang, tomat 0,2 hektar atau 3000 batang, mentimun 0,5 hektar atau 12.000 batang.

Sementara benih ikan yang telah dilepas, ikan patin sebanyk 10.000 ekor, ikan nila  10.000 ekor dan ikan lele 10.000 ekor.

Disamping itu, Kapolres Inhu juga menyerahkan bantuan paket Sembako kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 dan penyerahan APD pada petugas kesehatan.