Antisipasi Covid-19, Bupati Inhu Siapkan Anggaran

Antisipasi Covid-19, Bupati Inhu Siapkan Anggaran

29 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Untuk menunjukan keseriusandidalam penanganan dan pencegahan wabah virus corona atau COVID-19, Pemkab Inhu telah menyiapkan anggaran yang dibutuhkan.

Kepada awak media, Sabtu 28 Maret 2020, Bupati Yopi menegaskan, jika daerah lain menyebutkan besaran anggarannya, justru dia tidak menyebutkannya.

"Pemkab Inhu tidak seperti daerah lain yang menyebut jumlah anggarannya. Yang pasti anggarannya sudah siap dan akan kita keluarkan sesuai dengan kebutuhan," tegasnya.

Yopi kembali menegaskan, walau penyebaran COVID-19 di Kabupaten Inhu belum masuk pada situasi mengkhawatirkan tapi harus segera di cegah dan di waspadai.

Serta dibutuhkan keseriusan semua pihak, termasuk perusahaan dan lembaga legislatif untuk bersinergi didalam memberikan edukasi.

"Penanganan wabah Virus ini perlu keseriusan dan sinergitas semua pihak. Kita juga harus berhati-hati didalam penganggaran. Sehingga azas manfaat tidak terjadi," kata dia.

Menyinggung anggaran tersebut, Bupati Yopi menegaskan, sebagai kepala daerah dari hasil pilihan rakyat, dia akan bertanggungjawab demi kesejahteraan rakyat.

"Yang penting masyarakat saya sehat. Jika perlu dengan regulasi yang ada semua belanja proyek dari APBD Inhu tahun anggaran 2020 ini kita pendin. Kita akan alokasikan untuk kepentingan kesehatan masyarakat," tegas Yopi.

Yopi menambahkan, anggaran sesuai kebutuhan itu untuk pembelian masker serta alat pengukur suhu badan atau thermogun.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat Inhu agar tidak perlu cemas. Karena saya sebagai kepala daerah pilihan rakyat, tentunya bertanggungjawab untuk rakyat saya," tegas Yopi, kembali memberi keyakinan.

Bupati Yopi menyatakan kalau dia telah menerima surat resmo dari pemerintah pusat, mengenai instruksi Presiden RI dan Menteri Keuangan RI, agar setiap daerah menyiapkan anggaran untuk penanganan wabah virus corona.

"Ya saya sudah menerima suratnya. Anggaran untuk itu sudah ready (siap). Untuk itu, saya harap masyarakat saya jangan khawatir," ujar Yopi.