//riau1.com/

#indragiri-hulu

TP PKK Inhu Panen Ubi Racun di Desa Siambul

R1/bar


Ketua TP PKK Kabupaten Inhu Rezita Meylani (baju hitam) saat panen raya ubi racun di Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Ahad 23 Februari 2020. Ketua TP PKK Kabupaten Inhu Rezita Meylani (baju hitam) saat panen raya ubi racun di Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Ahad 23 Februari 2020.

RIAU1.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Inhu Rezita Meylani Yopi melakukan panen raya ubi racun secara simbolis di Dusun Talang Tanjung, Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Ahad 23 Februari 2020.

Rezita Meylani Yopi saat panen raya ubi racun dihadiri masyarakat sedikitnya 400 orang, yang begitu antusias dengan kehadiran Bakal Calon Bupati Inhu tersebut.

Rezita didampingi Camat Batang Gansal Elnarion dan Kades Siambul Umar serta Kelompok Tani (KT) Mekar Sari mencabut sejumlah batang ubi racun, untuk melihat hasil tanaman para KT Mekar Sari. Saat ditimbang, berat ubi racun mencapai 6 kilogram perbatang.

"Tanaman ubi racun ini bakal menjadi sumber penunjang ekonomi keluarga. Yang mana, saat ini belum banyak yang familiar dengan jenis ubi kayu racun ini.  Diketahui, ubi kayu racun ini sebagai salah satu bahan untuk membuat tepung tapioka. Ubi jenis ini kaya akan kadar pati dibanding ubi biasa," jelas Rezita.

 

www.jualbuy.com

Baca Juga: Kabupaten Inhu 'Dikepung' Wabah Corona

Rezita berkeyakinan, bahwa dengan olahan ubi racun di Kecamayan Batang Gansal ini akan menjadi ikon daerah. Dan sekaligus sebagai sumber pendapatan baru bagi rumah tangga jika semua pihak bergerak, termasuk kaum perempuan.

"Kita optimis ubi racun ini akan sukses menjadi sumber rezeki. Kendati di rumah bukan berarti diam saja tapi harus bergerak agar ekonomi keluarga bisa maju," pesan Rezita.

Untuk itu, lanjut Rrzita, pada panen perdana ini akan menjadi tonggak sejarah di Kecamatan Batang Gansal, untuk meningkatkan sumber daya ekonomi masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi pada petani. Saya berharap agar hasil panen ini dapat diolah menjadi tepung untuk bahan makanan. Sungguh pintar petani (masyarakat) disini mencari peluang,” sebut Rezita, bangga.

Baca Juga: Polres Inhu Pasang Wastafel Disejumlah Titik di Kota Rengat

Dalam dari pada itu, Camat Batang Gansal, Elinarion menambahkan, bahwa pengolahan tanaman ubi racun tidak rumit didalam perawatan jika dibandinhkan dengan jenis tanaman lainnya yang harus dipupuk. “Kita akan memberikan perhatian kepada semua elemen masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Siambul Umar, sangat mengharapkan agar masyarakat lebih meningkatkan produksi ubi racun. Sehingga bisa banyak diserap di dunia usaha.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Inhu Yopi Arianto, dalam hal ini diwakili oleh Ibu Rezita Meylani Yopi, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Inhu bersama rombongan. Termasuk para Kades se-Kecamatan Batang Gansal, yang meluangkan waktunya menghadiri panen raya ini," kata Umar.

Disebutkan, bahwa Kelompok Tani Mekar Sari didalam membudidayakan tanaman ubi kayu racun sejak tahun 2019 lalu.

 

 

 

Penulis: R1/Yuzwa


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)

Loading...