Gerakan Indragiri Hilir Melawan Osteoporosis Dicanangkan

Gerakan Indragiri Hilir Melawan Osteoporosis Dicanangkan

30 September 2022
Bupati Inhil HM Wardan dalam arahannya

Bupati Inhil HM Wardan dalam arahannya

RIAU1.COM - Cegah osteoporosis dengan kegiatan olahraga. Demikian dikatakan Bupati HM.Wardan saat pencanangan Gerakan Indragiri Hilir melawan osteoporosis di Aula Bappeda, Tembilahan, Kamis (22/9). 

Dalam sambutannya, Ketua Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwasuti) Inhil Hj.Marwiyah Afrizal, mengungkapkan bahwa Senam Osteoporosis rutin di lakukan di Indragiri Hilir yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam menjaga kesehatan tulang, untuk mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Sehingga tujuan Perwatusi dalam menurunkan angka kejadian osteoporosis dapat tercapai.

"Harapan kami setelah Gerakan Inhil Melawan Osteoporosis ini dicanangkan, senam osteoporosis semakin dikenal masyarakat, tidak hanya di Kabupaten tetapi juga di tingkat Kecamatan dan Desa," kata dia.

Sementara itu alam bupati HM. Wardan dalam sambutannya mengimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai penyakit osteoporosis. Kata dia, menurut organisasi kesehatan Dunia (WHO) 50% kejadian patah tulang bermula dari osteoporosis yang berujung dengan cacat seumur hidup hingga kematian. 

"Peluang kejadian osteoporosis, baik pada wanita, kalangan lanjut usia, ataupun usia muda semakin meningkat dalam masa pandemi covid-19, dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas secara daring," kata HM Wardan.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat memasyarakatkan kegiatan olahraga senam pencegahan osteoporosis ini sebagai upaya membangun kesadaran bersama, akan pentingnya kesehatan tulang dan terhindar dari osteoporosis.*