//riau1.com/

#indragiri-hilir

Pemerintah Pusat Harus Selesaikan Masalah Air Bersih di Inhil

R1/wira


Bupati Inhil, HM Wardan Bupati Inhil, HM Wardan

RIAU1.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan menerima kedatangan Direktur PDAM Tirta Indragiri Ir. Ahmad Hafiz beserta rombongan dalam rangka memberikan laporan hasil Tinjauan Progres Proyek National Urban Water Supply  Project (NUWSP), di Kediaman Rumah Dinas Bupati Jl. Kesehatan, Rabu (21/09) malam.

Baca Juga: Pedagang di Inhil Dihimbau Tera Ulang Timbangan

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten II Setdakab Inhil H. Mukhtar T dan beberapa Pimpinan OPD dilingkup Pemkab Inhil serta rombongan Direktur PDAM TI yang berasal dari Central Project Management Unit (CPMU) NUWSP, BPPW Riau, Tim Bank Dunia, Team Leader RMAC 1 serta Water Supply Spesialis CMC.

Diketahui Kabupaten Indragiri hilir mendapatkan Proyek National Urban Water Supply Project (NUWSP) sebesar 28 Milyar ditahun 2022 dari kementerian Pusat yang didukung oleh Bank Dunia.

Program NUWSP merupakan kegiatan kolaborasi antara kementerian/lembaga yang menangani sektor air minum. Selain dukungan pembinaan teknis di Kementerian PUPR, program ini juga akan dikawal oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina pemerintah daerah. 

Selain itu kegiatan NUWSP tidak hanya berupa kegiatan fisik, namun juga pendampingan teknis dan capacity building secara menerus sehingga diharapkan Pemda dan BUMD Air Minum peserta program dapat menerapkan tata kelola pemerintahan bidang air minum yang baik (good water governance).

Baca Juga: Beraksi Di 26 TKP, Satreskrim Polres Inhil Ciduk Pelaku Maling Sepeda Motor

"Alhamdulillah berdasarkan hasil survei Kementrian bersama Direktur PDAM TI, Progres Proyek NUWSP Dikabupaten Indragiri Hilir telah mencapai angka 85 persen, dengan adanya proyek ini kita harapkan infrastruktur jaringan perpipaan PDAM di Inhil yang memang bermasalah selama ini dapat teratasi, dan kita juga berharap bantuan dari pemerintah pusat tidak hanya sampai disini, kedepannya permasalahan air bersih yang ada Dikabupaten Indragiri Hilir hendaknya dapat disupport secara continue," ungkap bupati HM Wardan.*





Loading...
loading...