Poktan di Inhil Kembali Dapat Bantuan Peralatan Pertanian dari Pemrov Riau

Poktan di Inhil Kembali Dapat Bantuan Peralatan Pertanian dari Pemrov Riau

19 Juli 2021
Poktan di Inhil Kembali Dapat Bantuan Peralatan Pertanian dari Pemrov Riau

Poktan di Inhil Kembali Dapat Bantuan Peralatan Pertanian dari Pemrov Riau

RIAU1.COM -Sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali mendapatkan bantuan 
peralatan pertanian 11 Hand Traktor yang disalurkan dari pemerintah provinsi Riau.

Kali ini, bantuan tersebut berupa Hand Traktor yang diserahkan langsung oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Ahad 17 Juli 2021.

Atas bantuan utu, para Poktan mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada Pemprov Riau serta wakil rakyat yang duduk di Komisi II DPRD provinsi yaitu Sulaiman MZ dan James Pasaribu yang telah memperjuangkan aspirasinya sehingga terealisasi.


"Kami sangat terbantu sekali dengan bantuan Hand Traktor ini. Selama ini Kelompok Tani kami tidak punya, jadi harus menyewa ke lain," ungkap Ketua Poktan Karya Bakti Desa Bayas Kecamatan Kempas, Nanang Rosidin usai penyerahan bantuan.


Nanang berharap bantuan pemerintah seperti ini terus mengucur kepada Poktan agar petani lebih maju dan hasil panennya menjadi lebih meningkat.

"Ada sekitar 30 hektar lahan yang dikelola oleh 30 anggota Poktan Karya Bakti. Jadi kami berharap setidaknya ada 2 hand traktor, jadi masih kekurangan 1 lagi. Power tresher atau mesin perontok padi paska panen juga tak ada. Semoga bisa dibantu lagi oleh pemerintah," harap Nanang.


Sementara itu, Yuliatmi selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau menjelaskan jika penyerahan bantuan ini memang berdasarkan usulan dari anggota DPRD Provinsi Riau Komisi II.

Dirinya mengatakan jika di Provinsi Riau saat ini baru 30 sampai 35 persen kebutuhan beras bisa terpenuhi, sehingga selebihnya beras didatangkan dari Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi.

Oleh sebab itu, dengan adanya bantuan alat-alat pertanian yang disaluran dan diupayakan oleh anggota DPRD Provinsi Riau ini semoga dapat mempercepat penanaman padi yang ada.

"Harapan kita bersama kelompok tani yang menerima alat-alat pertanian ini dapat mengoptimalkan penggunaannya, karena kita akan menuju petani maju, mandiri, dan modern yang didukung dengan alat pertanian," katanya.

Senada juga dengan yang disampaikan Sulaiman MZ yang turut menghadiri penyaluran bantuan menyebutkan jika bantuan alat ini merupakan pemenuhan dari kebutuhan masyarakat yang bergerak di bidang tani dalam pengolahan tanah.

"Alhamdulillah dengan bekerja sama antara Legislatif dan  Dinas Pertanian Provinsi Riau, hari ini kita dapat memenuhi kebutuhan saudara-saudaraku berupa bantuan alat pertanian Hand Traktor. 

Mudah-mudahan alat ini dapat meningkatkan produksi pertanian di Inhil. Selama ini kita di Inhil untuk pengolahan lahan hanya dilakukan secara konvensional, dengan adanya alat ini  mudah-mudahan dapat memangkas waktu dalam pengolahan lahan sawah," sebutnya.

Sulaiman yang juga Ketua DPD PAN Inhil tersebut berharap kedepannya kejayaan dalam swasembada pangan terutama untuk beras kembali terwujud di Kabupaten Inhil.

Untuk diketahui, beberapa bulan sebelumnya juga dilakukan penyerahan bantuan kepada Poktan di Inhil berupa Power Threshere dan motor roda tiga sesuai aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Anggota Provinsi Riau ketika reses.