Kunjungan ke Inhil, Gubernur Riau Tanam Mangrove di Pantai Mabloe

Kunjungan ke Inhil, Gubernur Riau Tanam Mangrove di Pantai Mabloe

15 Juli 2021
Kunjungan ke Inhil, Gubernur Riau Tanam Mangrove di Pantai Mabloe

Kunjungan ke Inhil, Gubernur Riau Tanam Mangrove di Pantai Mabloe

RIAU1.COM -Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mendampingi Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar dalam rangka melakukan kunjungan kerja, Rabu 14 Juli 2021.

Beberapa agenda Gubri di Inhil diantaranya melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove perdana di kawasan wisata Pantai Terumbu Mabloe, Desa Sungai Bela Kecamatan Kuala Indragiri.

Selain didampingi Bupati, Gubernur Riau juga didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir, Dandim 0314/Inhil serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir lainnya. 

Turut juga hadir Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Indragiri Rokan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Irpana Nur SHut MSc.

Bupati Inhil HM Wardan pada kesempatan tersebut mengatakan, penanaman bibit pohon mangrove adalah langkah reboisasi aliran sungai yang sedang dicanangkan banyak pihak karena memiliki beberapa fungsi dan manfaat  bagi daerah yang ditumbuhi.

Dikatakannya, diantara fungsi tersebut yaitu konservasi untuk menahan abrasi, menahan gelombang pasang air laut dan pembibitan alami atau spawning ground.

"Beberapa spesies binatang juga bisa bertelur dan beranak di daerah hutan mangrove. Ini juga merupakan mitigasi dari gelombang pasang abrasi," ungkap Bupati Inhil.

Loading...

Penanaman pohon Mangrove, ditambahkan bupati, juga merupakan bagian dari upaya mitigasi bencana di kawasan pesisir seperti Pantai Terumbu Mabloe Desa Sungai Bela ini. 

Sebab hutan mangrove adalah aset yang sangat penting, tidak hanya sebagai penahan abrasi dari air laut, melainkan juga bisa memunculkan habitat bagi satwa-satwa endemik seperti kepiting sehingga dapat dikembangkan.

"Keanekaragaman hayati ini benar-benar bermanfaat dari aspek lingkungan maupun ekonomi. Tentunya benefit yang diperoleh sangat menguntungkan bagi daerah, Kabupaten Indragiri Hilir secara umum, maupun Desa Sungai Bela khususnya," tambah bupati.

Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan bahwa di daerah Riau pesisir memang sering terjadi abrasi akibat gelombang air pasang surut.

"Dengan reboisasi mangrove, kami berharap program ini dapat menjaga kelestarian lingkungan terutama menjaga dari terjadinya abrasi," ucap Gubernur usai melaksanakan penanaman bibit pohon Mangrove secara simbolis.

Gubernur juga mengungkapkan, penanaman bibit pohon Mangrove dapat memulihkan ekosistem sekaligus membantu pemulihan ekonomi daerah sehingga berdampak pada ekonomi nasional.

"Mudah-mudahan adanya program penanaman mangrove ini, dalam situasi Pandemi Covid19 hari ini bisa membantu pemulihan ekonomi masyarakat," ujar Gubernur yang mengaku bahagia dengan potensi pemulihan ekonomi melalui penanaman pohon mangrove tersebut.