//riau1.com/

#indragiri-hilir

Berada di Ujung Pelosok, Puskesmas di Inhil ini Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

R1/fahrin


Bupati Inhil Bersama Kadiskes Inhil dan Kepala Puskesmas Kuala Enok serta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Inhil Bupati Inhil Bersama Kadiskes Inhil dan Kepala Puskesmas Kuala Enok serta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Inhil

RIAU1.COM - UPT Puskesmas Kuala Enok, yang berada di Pelosok Provinsi Riau, tepatnya di Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil meraih penghargaan 3 besar pada lomba inovasi tingkat nasional.

UPT Puskesmas Kuala Enok menang untuk klasifikasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Paling Berkomitmen Pelayanan JKN Kategori Puskesmas.

Keberhasilan ini diekspos dihadapan Bupati Inhil, HM Wardan, Senin 19 Oktober 2020, di ruangan rapat Kediaman Rumah Dinas Bupati Jalan Kesehatan Nomor 1 Tembilahan yang dihadiri Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan, dan Kepala Puskesmas Kuala Enok.

Bupati Inhil, menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Kuala Enok atas prestasi tersebut karena keberhasilan itu, menurutnya mampu diraih berkat kerja keras, kesungguhan, dan ketekunan.

Baca Juga: Pekerja Proyek Pembangunan RSUD Puri Husada Terdaftar Peserta BPJS Ketenagakerjaan

"Ini dapat kita jadikan motivasi, dorongan dalam rangka meraih yang lebih baik lagi. Bukan hal mudah mendapatkan ini, karena banyak tahapan dan seleksi-seleksinya, mulai dari lokal, deputi wilayah, sampai tingkat nasional. Alhamdulillah kita dapat juara," ujar bupati.

Walaupun dalam kondisi pandemi yang mengganggu banyak aspek kehidupan, mulai dari kesehatan, pendidikan, sosial, hingga ekonomi, orang nomor 1 di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini bersyukur karena Puskesmas Kuala Enok masih mampu memberi pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

Terlebih, Bupati juga sangat menyoroti dan merasa bangga kepada Puskesmas Kuala Enok melalui inovasinya yang memanfaatkan teknologi untuk konsultasi online sehingga dinilai, inovasi tersebut perlu mendapatkan atensi bagi Puskesmas lain.

"Karena saat ini semua orang sudah menggunakan kemajuan teknologi, semua orang sudah menggunakan WhatsApp. Kalau kita serius tidak ada yang bisa menghalangi, buktinya Puskesmas Kuala Enok dimana transportasi yang juga terbilang sulit, mampu mengalahkan Puskesmas lain," tuturnya.

Baca Juga: BP Jamsostek Inhil Serahkan Klaim JHT dan JKM Pegawai PDAM

Bupati berharap, keberhasilan ini dapat menjadi contoh bagi Puskesmas lain di Kabupaten Inhil, dengan segala keterbatasan tidak dijadikan alasan maupun penghambat untuk meningkatkan pelayanan.

"Jangan kita merasa minder dengan kelemahan kita, karena jika kita serius ini akan menjadi penilaian yang lebih," tegasnya.

Adapun beberapa hal sarana dan prasarana di Puskesmas Kuala Enok yang dinilai inovatif ialah unit rawat inap yang difasilitasi toilet, ruang persalinan, laboratorium yang hampir seperti di RS dan USG serta terdapat 2 orang dokter umum dan 1 orang dokter gigi.

Kepala Puskesmas Kuala Enok, H. Syum mengakui bahwa yang paling penting dalam pelayanan adalah kepuasan pasien, sehingga Puskesmas ini menyediakan lembar kritik/saran dan respon melalui aplikasi JKN.

Selain itu, Puskesmas Kuala Enok berkomitmen menerapkan antrean online, juga memiliki grup WhatsApp khusus peserta BPJS sebagai sarana penyalur informasi, sosialisasi, serta bimbingan.

Bahkan, untuk pasien yang dirujuk ke RS adalah pasien dengan penyakit spesialis, pasien non spesialis diupayakan semaksimal mungkin dirawat di Puskesmas saja agar masyarakat tidak terbebani terkait biaya.





Loading...
loading...