Buat Masker Untuk Cegah Virus Corona, Desa di Inhil ini Dapat Orderan Dari Kesbangpol Sampai Bupati

Buat Masker Untuk Cegah Virus Corona, Desa di Inhil ini Dapat Orderan Dari Kesbangpol Sampai Bupati

7 April 2020
Pembuatan masker oleh ibu PKK Desa Sungai Raya

Pembuatan masker oleh ibu PKK Desa Sungai Raya

RIAU1.COM - Untuk mendukung Pemkab Inhil dalam hal pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Desa Sungai Raya melakukan usaha produksi masker berbahan kain. Masker yang diproduksi tersebut merupakan hasil produksi dari ibu-ibu PKK di Desa Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka.

"Awalnya, masker yang kami produksi hanya untuk masyarakat Desa Sungai Raya, namun seiring berjalannya waktu, ada beberapa pesanan dari instansi pemerintah," ungkap Kartini, Kepala Desa Sungai Raya, Selasa 7 April 2020.

Saat ini pesanan masker datang dari kalangan pemerintah seperti Bupati, Wakil Bupati, Kesbangpol, Inspektorat dan lain-lain. "Alhamdulillah, tadi baru antar pesanan dari ibu Bupati dan Wakil Bupati serta Kesbangpol Inhil," ujarnya.

Dirinya menuturkan, awal mula ingin membuat usaha ini karena melihat di lapangan jika yang menjadi kendala di masyarakat sekarang adalah sulitnya mendapatkan masker di toko-toko dan apotik.

"Pemerintah gencar mensosialisasikan pemakaian masker untuk pencegahan Covid-19, namun ketersediaannya sangat minim. Kami berinisiatif untuk memproduksi sendiri," tuturnya.

Lebih lanjut, Kartini mengatakan, masker yang di produksi nantinya akan dipasarkan dengan harga yang terjangkau yakni hanya Rp. 3.000 perlembar. "Hasil penjualan tersebut setidaknya juga dapat membantu para pembuat masker sebagai uang lelah," jelasnya.

Saat ini, pihaknya baru bisa membuat 100 buah masker dalam sehari karena mesin jahit yang minim dan masih menggunakan mesin yang manual. "Tapi Alhamdulillah dengan alat yang seadanya ini bisa memproduksi masker yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif yang juga ikut memesan masker memberikan apresiasi dan berharap agar langkah yang dilakukan oleh Kades Sungai Raya tersebut dapat di contoh desa-desa yang lain.

"Semoga dapat dicontoh oleh masyarakat sebagai upaya bersama dalam membantu persediaan masker dan menanggulangi penularan serta memutus rantai Covid-19 khususnya di Kabupaten Inhil," ujar Marlis Syarif.