10 Hektar Lahan PT Sambu NTS di Inhil Terbakar

10 Hektar Lahan PT Sambu NTS di Inhil Terbakar

18 November 2019
Pemadaman kebakaran lahan

Pemadaman kebakaran lahan

RIAU1.COM - Kebakaran melanda lahan di daerah PT. Sambu NTS Sungai Pinang, Parit 6A dan Parit 6B, Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Ahad 17 November 2019. 

Agar tidak terus menjalar ke lahan kosong lainnya, api dipadamkan oleh tim yang terdiri dari unsur TNI 1 orang, 6 orang anggota Polri, 10 orang Pemadam Kebakaran (Damkar) serta 10 orang Masyarakat Peduli Api (MPA) yang berjibaku bersama-sama melaksanakan pemadaman dan pendinginan serta membuat pembatas lahan.

"Api melahap sebagian besar lahan kosong, kami membuat pembatas agar api tidak melebar dan meluas," jelas Danramil 02/Tanah Merah.

Dalam upaya pemadaman dan pendinginan tersebut, turut dikerahkan 3 unit mesin pemadam milik perusahaan, 40 buah selang isap, dan 6 gulung selang besar. "Semua kami kerahkan guna mempercepat pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar tersebut," tambah Danramil. 

Danramil menuturkan, pemadaman api yang membakar lahan tersebut harus disegerakan lantaran banyak faktor penghambat jika terlambat dalam penanganannya.

"Akses jalan untuk sampai kelokasi lumayan sulit, harus melewati jalur air. Lahan tanah gambut dapat menimbulkan sekam yang masih membara apabila tidak didinginkan dengan segera dan sumber air sangat sedikit sehingga menjadi hambatan dalam pemadaman," tuturnya. 

Untuk diketahui, luas lahan yang terbakar tersebut sekitar 10 hektar dan munculnya awal titik api serta pelaku yang menyebabkan lahan tersebut terbakar masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwajib.