Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak, Ini Pesan Bupati Inhil

Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak, Ini Pesan Bupati Inhil

30 September 2019
Bupati Inhil menyematkan pita kepada anggota Satpol PP sebagai tim pengamanan gabungan Pilkades Serentak tahun 2019

Bupati Inhil menyematkan pita kepada anggota Satpol PP sebagai tim pengamanan gabungan Pilkades Serentak tahun 2019

RIAU1.COM - Untuk mematangkan persiapan dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak tahun 2019, Pemkab Indragiri Hilir (Inhil) menggelar apel pasukan, Senin 30 September 2019 di halaman Kantor Bupati Inhil.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Inhil HM Wardan langsung bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh Danramil 03/Tempuling, Kapten Arh Sugiono dan Danramil 05/Gas, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman serta Sekda Inhil Said Syarifudin.

Dalam amanatnya, bupati memaparkan Pilkades serentak sesuai dengan Perda Inhil nomor 7 tahun 2016 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa serta berdasarkan Peraturan Bupati nomor 61 tahun 2016 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan kepala Desa.

"Saya berharap pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Inhil ini dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Apabila selama Pilkades nanti muncul gejala gangguan keamanan maka lakukan tindakan persuasif terlebih dahulu dan pendekatan yang baik kepada masyarakat," pesan bupati.

Lanjut bupati, kepada masyarakat yang di desanya menyelenggarakan Pilkades agar menggunakan hak pilih, karena dengan menggunakan hak pilihnya berarti telah ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam rangka menentukan siapa yang akan menjadi pimpinan di tingkat desa. "Siapapun yang terpilih itulah yang terbaik serta merupakan keinginan masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal melalui Pasi Ops, Kapten Inf Tarmizi berharap dalam Pilkades yang akan digelar nanti dapat tercipta suasana aman dan damai demi kelancaran Pilkades. "Kami siap mendukung penuh pelaksanaan Pilkades serentak ini," tegasnya.

Kegiatan Pilkades serentak di Kabupaten Inhil tahun ini akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2019 di 43 desa dan 14 kecamatan. Ada sekitar 626 personil gabungan yang disiapkan meliputi TNI, Polisi, Satpol PP dan Linmas yang akan mengamankan total 195 TPS.