Taipan Properti Asal Cina Diselidiki Karena Pelanggaran Serius Dalam Hukum

Taipan Properti Asal Cina Diselidiki Karena Pelanggaran Serius Dalam Hukum

8 April 2020
Taipan Properti Asal Cina Diselidiki Karena Pelanggaran Serius Dalam Hukum

Taipan Properti Asal Cina Diselidiki Karena Pelanggaran Serius Dalam Hukum

RIAU1.COM - Seorang kritikus Partai Komunis China yang lantang dan taipan properti jutawan, Ren Zhiqiang, telah diselidiki karena "pelanggaran serius terhadap disiplin dan hukum", kata seorang pengawas anti-korupsi.

Komisi Beijing untuk Inspeksi Disiplin Selasa malam mengumumkan bahwa mantan ketua pengembang real estat milik pemerintah Beijing Huayuan Group yang berusia 69 tahun sedang diselidiki.

Para pegiat HAM menuduh Presiden Xi Jinping dan Partai Komunis menggunakan tuduhan seperti "pelanggaran disiplin" - sering dianggap merujuk pada korupsi - sebagai cara untuk membungkam perbedaan pendapat.

Beijing telah meningkatkan tindakan keras terhadap masyarakat sipil sejak Xi mengambil alih kekuasaan pada 2012, memperketat pembatasan kebebasan berbicara dan menahan ratusan aktivis dan pengacara.

Ren menghilang dari mata publik pada bulan Maret, tak lama setelah menulis esai yang sangat kritis terhadap respons Xi terhadap wabah koronavirus.

Pengusaha yang sudah pensiun telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai salah satu kritik paling menonjol Partai di dunia bisnis.

Esainya telah dihapus dari internet China, yang secara teratur menyensor konten yang menantang pihak berwenang, tetapi telah dibagikan secara online di luar China dan salinannya telah disimpan oleh agregator berita China Digital Times.

"Epidemi ini telah mengungkapkan fakta bahwa Partai dan pejabat pemerintah hanya peduli melindungi kepentingan mereka sendiri, dan raja hanya peduli melindungi kepentingan dan posisi inti mereka," tulis Ren, tanpa menyebut nama Xi.

Ini juga menuduh pemerintah menyembunyikan wabah awal.

Dijuluki "Big Cannon" karena retorikanya yang berapi-api, Ren sebelumnya menikmati hubungan dekat dengan tokoh-tokoh utama dalam pendirian politik Cina, termasuk mantan Wakil Presiden sekelasnya Wang Qishan.

Sebagai anggota Partai Komunis selama beberapa dekade, Ren juga seorang blogger berpengaruh di platform Weibo seperti Twitter, di mana ia memiliki jutaan pengikut.

Loading...

Akunnya ditutup oleh pihak berwenang pada tahun 2016 setelah dia berulang kali menyerukan kebebasan pers yang lebih besar.

Yaqiu Wang, peneliti China di Human Rights Watch, mengatakan penyelidikan terhadap Ren cocok dengan pola Partai Komunis menggunakan tuduhan seperti "pelanggaran disiplin" untuk membungkam kritiknya.

"Sangat jelas bahwa pemerintah Tiongkok menghukum Ren karena pidatonya yang kritis terhadap Presiden Xi Jinping dan pemerintah Cina di bawah lapisan hukum," kata Wang.

"Pemerintah memiliki catatan mengkriminalisasi pidato damai menggunakan tuduhan palsu."

Menurut Wang, Ren kemungkinan akan ditahan dalam bentuk penahanan rahasia di luar hukum yang dikenal sebagai "liuzhi".

"Di bawah liuzhi, para tahanan ditahan tanpa komunikasi - tanpa akses ke pengacara atau keluarga - hingga enam bulan," kata Wang.

Pengacara hak asasi manusia Li Fangping mengatakan, pengumuman itu sengaja dilakukan untuk meminimalkan dampak publiknya, datang hanya beberapa jam sebelum pembatasan perjalanan dicabut di Wuhan, kota di pusat epidemi virus korona.

 

 

 

R1/DEVI