LAM Puji Kapolda Riau Irjen Agung Terapkan Kearifan Budaya Melayu

LAM Puji Kapolda Riau Irjen Agung Terapkan Kearifan Budaya Melayu

4 Oktober 2019
Kapolda Riau Irjen Agung (Dok Riau1)

Kapolda Riau Irjen Agung (Dok Riau1)

RIAU1.COM -Sopan dan kesantunan budaya Melayu sebagai khas Provinsi Riau yang digaungkan oleh Kapolda Irjen Agung Setya Imam Effendi diapresiasi Lembaga Adat Melayu (LAM) di Riau.

Itu diutarakan langsung Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Riau Datuk Syahril Abu Bakar, Jumat 4 Oktober 2019. Kata dia, langkah Agung pantas dicontoh dan diterapkan institusi lain dalam menjalankan tugas di Riau.

"Kita sambut positif itikad baik dari bapak Kapolda Riau yang baru. Kita akan merespon masalah kearifan lokal dan bicara lebih dalam dengan beliau," ucap Syahril Abu Bakar.

Dalam kepemimpinannya, Agung menekankan akan menerapkan nilai-nilai kesantunan budaya Melayu Riau kepada dirinya sendiri beserta jajarannya, sehingga bisa membawa berkah yang lebih besar bagi masyarakat.

Itulah yang menuai pujian oleh LAM Riau. Kata Syahril, pihaknya tengah merencanakan untuk bertemu langsung dengan Irjen Agung untuk menyamakan persepsi, terutama terkait permasalahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Kita akan bicara lebih dalam dengan bapak Kapolda untuk langkah-langkah sesuai kearifan lokal, terutama dalam penanganan Karhutla," sampainya.

Dia mengatakan masyarakat Melayu memiliki kearifan lokal dalam membuka lahan secara turun temurun. Pembukaan lahan yang diterapkan itu selama ini tidak pernah menimbulkan Karhutla.

Untuk itu, dia berharap langkah Kapolda Riau yang berniat mengadopsi budaya Melayu dan didukung instansi lainnya dapat membebaskan Riau dari ancaman Karhutla. 

Selain Karhutla, kejahatan lainnya di Riau seperti Narkoba hingga Kamtibmas juga akan menjadi topik pembahasan LAM dan Kapolda Riau nanti. LAM Riau akan memberikan dukungan positif untuk Agung ke depan. 

"Mudah-mudahan segera bisa kita laksanakan pertemuan ini untuk membawa Riau ke arah lebih baik," tuturnya. 

Diketahui sebelumnya, Irjen Agung menyampaikan niatnya untuk menjadikan jajarannya sebagai polisi yang dapat menyelesaikan masalah dengan santun.

"Di mana bumi dipijak disitu kita junjung langit setinggi-tingginya. Dan di langit itu kita tahu ada banyak yang harus kita kerjakan. Yang kita lihat pertama adalah adat istiadat harus kita hormati. Mari kita bergerak bersama-sama, kita akan arungi perahu Lancang Kuning di malam hari ini hingga sampai tujuannya," ujarnya.