Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Setelah Banyak Santap Makanan Berlemak

Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Setelah Banyak Santap Makanan Berlemak

15 Mei 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Rendang, gulai hingga ketupat adalah hidangan wajib yang biasa ada di setiap Hari Raya Idul Fitri. Apalagi setelah satu bulan penuh berpuasa, makan di siang hari bisa membuat orang kalap dan makan makanan tersebut berlebihan.

Bukan hanya kenyang saja, efek samping makan makanan berlemak tersebut bisa membuat kolesterol naik. Tentunya Anda harus segera menurunkan kadar kolesterol yang naik tersebut, karena bisa berefek terhadap kesehatan terutama jantung.

Kolesterol itu sendiri tidak buruk. Kolesterol darah berperan penting dalam membantu pembentukan sel. Namun jenis kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) adalah buruk. Dan jika naik maka harus segera diturunkan dengan cara-cara berikut ini.

Anda harus segera melakukan perubahan pola makan, berikut yang dapat membantu seseorang mengurangi kolesterol dikutip Sahijab dari Medical News Today.

1. Kurangi lemak trans

Lemak trans menurunkan kolesterol baik dan membuat kolesterol buruk naik tajam. Beberapa lemak trans makanan terjadi secara alami dalam makanan seperti susu dan produk daging.

Sumber lemak trans biasanya berasal dari daging dan produk susu, minyak terhidrogenasi dalam kemasan, dan makanan yang digoreng. Maka jika sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut, segera hindari saat ini.

2. Kurangi lemak jenuh

Makan lemak jenuh dalam jumlah besar meningkatkan kadar kolesterol LDL. Sumber lemak jenuhnya antara lain daging dan produk susu, seperti keju , mentega, dan susu, serta minyak nabati, seperti kelapa sawit dan minyak kelapa.

Untuk itu, segera kurangi atau hindari makanan dengan lemak jenuh untuk beberapa hari, agar kolesterol tubuh kembali normal.

3. Makan lebih banyak makanan nabati

Untuk menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh, Anda harus melibatkan berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Menambahkan berbagai makanan nabati ke dalam makanan membantu memastikan bahwa tubuh mendapatkan berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkannya untuk bekerja dengan baik.***