Tips Olahraga Ringan Karena Lemak yang Menumpuk Usai Lebaran

Tips Olahraga Ringan Karena Lemak yang Menumpuk Usai Lebaran

14 Mei 2021
Ilustrasi (Foto: Vixabay)

Ilustrasi (Foto: Vixabay)

RIAU1.COM - Jangan biarkan lemak dari ketupat, opor ayam, rendang, hingga kue Lebaran menumpuk. Bakar lemak yang membandel tersebut dengan berolahraga. 

Berikut kiat dan cara olahraga setelah Lebaran untuk menurunkan berat badan seperti dikutip dari CNNIndonesia.com

Berikut kiat dan cara olahraga setelah Lebaran.

1. Temukan motivasi

Temukan motivasi yang kuat untuk berolahraga. Motivasi akan mendorong Anda lebih bersemangat berolahraga setelah Lebaran. Misalnya, motivasi untuk menjadi lebih sehat, lebih kurus, lebih bugar, atau tampil lebih menarik.

Lalu, bulatkan tekad untuk bersungguh-sungguh menjalani olahraga dan gaya hidup yang sehat.

2. Buat jadwal olahraga

Buatlah jadwal olahraga yang teratur. Normalnya, setiap orang dewasa berolahraga 150 menit setiap minggu dengan intensitas ringan hingga sedang. Waktu ini dapat dibagi menjadi 3-5 kali seminggu.

Anda bisa membuat jadwal olahraga setelah lebaran setiap 3 kali atau 5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap hari. Anda bisa berolahraga di pagi, siang, sore, atau malam hari. Sesuaikan dengan jadwal dan aktivitas Anda.

3. Pilih olahraga yang disukai

Loading...

Mulailah dengan melakukan olahraga yang disukai. Memulai sesuatu dengan hal yang disukai akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

4. Mulai dengan intensitas ringan

Mulailah berolahraga dengan intensitas ringan. Jangan paksakan diri untuk mencoba olahraga yang berat. Sebaiknya, biasakan tubuh dengan berolahraga dan naikkan intensitas olahraga secara bertahap. Cara ini juga akan membuat tubuh lebih terpacu.

5. Pemanasan dan pendinginan

Selalu mulai olahraga dengan pemanasan untuk mencegah cedera. Pemanasan juga akan membuat tubuh lebih lentur saat berolahraga.

Akhiri pula olahraga dengan pendinginan atau cooling down. Pendinginan membuat otot-otot menjadi lebih rileks serta mencegah keram dan cedera.

Itulah kiat dan cara olahraga setelah Lebaran untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Lakukan cara ini dengan konsisten serta diikuti pola makan yang seimbang agar berat badan turun dengan optimal.