Agar Tetap Bugar, Berikut Anjuran Pola Tidur Selama Puasa

Agar Tetap Bugar, Berikut Anjuran Pola Tidur Selama Puasa

15 April 2021
Ilustrasi (foto:Freepik)

Ilustrasi (foto:Freepik)

RIAU1.COM - Pola tidur akan mengalami perubahan saat puasa. Orang yang menjalankannya akan terbangun dini hari untuk sahur dan tidur malam hari untuk beribadah. Sebulan penuh menjalani rutinitas yang berbeda lama-kelamaan akan memengaruhi kesehatan tubuh secara langsung.


Agar pola tidur tidak berantakan dan tubuh tidak mudah sakit, berikut tips mengatur jam tidur saat puasa seperti dilansir dari Halodoc.com

Tidur Siang

Jika tubuh tidak memiliki waktu tidur yang cukup, tubuh akan lemas saat berpuasa.  Untuk menghabiskan waktu siang hari saat berpuasa, kamu dapat melakukan tidur siang selama 30-60 menit. Jangan tidur siang terlalu lama, karena dapat menyebabkan kamu merasa haus saat terbangun. Tidur siang juga bisa menjadi ganti jam tidur malam yang sangat singkat.

Olahraga Secara Rutin

Meski tengah menjalankan puasa, kamu tetap disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari, dengan intensitas ringan hingga sedang. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat memilih waktu sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa. Tidak perlu dilakukan dalam intensitas yang tinggi, cukup dengan berjalan kaki, lari di tempat, atau bersepeda saja.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan 90 menit sebelum tidur. Jauhi makanan berlemak atau makanan olahan susu, karena kedua kandungan tersebut susah dicerna. Jika kamu memaksakan untuk mengonsumsinya, alih-alih bisa tidur, kamu justru akan mengalami kenaikan asam lambung, sehingga dada terasa nyeri. Jika sudah begitu, kamu justru tidak akan bisa tidur hingga waktu sahur tiba.

Perhatikan Minuman yang Dikonsumsi

Tips mengatur jam tidur saat puasa selanjutnya dapat dilakukan dengan memperhatikan minuman apa yang kamu konsumsi sebelum tidur. Jangan coba-coba konsumsi kafein jika kamu ingin mendapatkan waktu tidur berkualitas. Kandungan kafein akan membuat mata tetap terjaga, karena bekerja dengan menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh, sehingga membuat kamu tidak mengantuk.

Agar dapat mengatur jam tidur saat puasa, kamu harus membiasakan diri dengan waktu tidur dan aktivitas lain yang dijalankan selama berpuasa. Jalankan aktivitas setiap hari, dan jangan mengubahnya meski sedang akhir pekan. **