Membaca Alquran di Bulan Ramadhan, Berikut Beberapa Keutamaannya

Membaca Alquran di Bulan Ramadhan, Berikut Beberapa Keutamaannya

14 April 2021
 Ilustrasi (foto:unsplash)

Ilustrasi (foto:unsplash)

RIAU1.COM - Bulan suci Ramadhan akan menjadi momentum untuk mendapatkan berkah dan ampunan.

Salah satu amalan yang harus diperbanyak yaitu tadarus Al-quran. Rasulullah mengatakan, mereka yang membaca Al-quran di bulan suci Ramadhan, maka pahalanya akan berlipat ganda. 

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-quran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya."

Hadis tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca Alquran, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Alpquran.

Berikut ini lima keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan dikutip dari Dream.co.id: 

1. Pahala Berlipat

Seseorang yang rutin membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Yang mahir membaca Al-quran bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala." (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

2. Obat Penyakit Hati dan Fisik

Membaca Al-quran dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik. Cara yang sering dilakukan untuk mengobati diri dengan melakukan ruqyah.

Allah SWT berfirman, "Dan Kami turunkan di dalam Alquran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS al-Israa': 82)

Selain itu, Allah SWT berfirman, "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran), hati menjadi tenteram."  (QS ar-Ra'du: 28)

3. Rumah Menjadi Bercahaya

Dengan rutin membaca Alquran di rumah, maka rumah tersebut lebih bercahaya. Tak hanya itu, rumah yang senantiasa dibacakan Alquran akan terasa lebih tenang dan damai. Rasulullah SAW bersabda:

"Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati."

Bahkan Imam an Nawawi berkata: "Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah SWT (termasuk membaca Al Quran dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya)."

Dalam riwayat at-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadis yang berbunyi: "Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

4. Dilindungi Dari Godaan Setan

Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala."  (QS. Faathir: 6).

Dalam sebuah hadis shahih, Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan sholat dan membaca Alquran di dalamnya). Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

5. Memberikan Syafaat di Akhirat Kelak

Dengan membaca Alquran akan mendatangkan kemuliaan bagi orang yang rutin membaca dan mengamalkannya. Tak hanya didunia, bahkan diakhirat kelak, Al Quran dapat menjadi syafaat atau penolong.

Seperti hadis yang menyatakan: " acalah bait Alquran, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,"  HR. Muslim).

Dalam hadis tersebut, nantinya Alquran akan datang dan bersaksi pada Allah SWT untuk umat manusia yang rajin membacanya. Dengan kesaksian inilah Alquran akan membantu seseorang dengan memberikan kemuliaan di akhirat kelak.