Bayi Menangis Buat Risau? Ternyata Ada Sisi Baiknya

Bayi Menangis Buat Risau? Ternyata Ada Sisi Baiknya

26 Februari 2021
ilustrasi (SehatQ)

ilustrasi (SehatQ)

RIAU1.COM - Orangtua mana yang tega melihat buah hatinya terus-terusan menangis. Tapi tahukah Anda bahwa menangis adalah cara bayi mengungkapkan sesuatu. Meski memang kita tak pernah tahu apa artinya.

Kebanyakan orangtua menganggap menangis adalah hal yang buruk. Padahal, para ahli mengatakan bahwa menangis justru membawa manfaat untuk bayi.

Ingin tahu apa saja manfaat menangis? Berikut penjelasannya seperti dimuat Suara.com

Mengaktifkan sistem pernapasan

Begitu lahir, hal yang kita dengar dari bayi adalah tangisan. Ya, tangisan pertama ini ternyata membawa banyak manfaat bagi bayi.

Momen ini pula yang menandai aktifnya paru-paru bayi sebagai sistem pernapasannya.

Cara berkomunikasi

Sebelum mampu mengucapkan kata demi kata, bayi berusaha berkomunikasi dengan menangis. Tak hanya melulu berisi rengekan minta susu, bayi yang menangis kadang hanya ingin didekap dan mendapat perhatian Anda.

Olahraga

Percaya atau tidak, menangis adalah salah satu jenis latihan fisik yang bisa dilakukan bayi. Lihatlah otot-otot wajah dan gerakan tangan serta kaki bayi saat menangis.

Hal itu bisa membuatnya merasakan manfaat layaknya melakukan aktivitas fisik.

Suasana hati lebih baik

Sama seperti orang dewasa, usai menangis bayi akan merasa lebih tenang. Ya, Ia melepaskan emosi saat menangis dan mendapatkan suasana hati yang lebih baik setelahnya.

Bayi diam justru bahaya

Jika Anda melihat bayi Anda cenderung tenang dan tidak pernah menangis, maka Anda harus khawatir. Bisa saja ada sesuatu yang dialaminya sehingga Ia tak bisa menangis seperti bayi-bayi pada umumnya.