Jangan Remehkan Oli Transmisi Mobil Matic, Begini Cara Ceknya

Jangan Remehkan Oli Transmisi Mobil Matic, Begini Cara Ceknya

15 Juli 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Mobil dengan transmisi otomatis atau matic tengah digandrungi masyarakat, khsusunya di tanah air. Terlebih di perkotaan dengan kondisi jalan penuh kemacetan.

Meski terlihat lebih praktis, ternyata perawatan mobil matic perlu perhatian lebih dibanding mobil dengan transmisi manual.

Terutama sektor transmisi, converter dan juga oli transmisi perlu mendapat perhatian dan pengecekan rutin agar mobil matic tetap memiliki performa terbaiknya.

"Oli transmisi harus diperiksa secara rutin," kata pemilik bengkel Worner Matic, Hermas Effendy dilansir Otodriver, Rabu 15 Juli 2020.

"Cairan ini dapat diibaratkan sebagai darah bagi transmisi power shift dan perlu pengecekan berkala untuk mengetahui kondisinya,” terangnya.

Pengecekan dilakukan pada saat mesin mobil kondisi menyala dan dalam kondisi mesin idle. Kemudian tarik tuas transmisi pada posisi P, R, N, D, 1 dan 2, masing-masing ditahan selama 2 detik.

Loading...

Tujuannya supaya solenoid atau jalur body valve terisi oli dengan baik. Cabut dipstick oli transmisi dari posisinya dan bersihkan ujung yang tercelup oli.

"Setelah itu, masukkan kembali dipstick hingga masuk sempurna, tarik kembali dan baca level olinya," terangnya.

"Cek dipstick terdapat tanda yang menunjukkan level oli pada saat kondisi panas dan dingin. Posisi normal ada di level antara Low dan Full di posisi Hot," pungkasnya.