Benarkah Sikat Gigi 3 Kali Sehari Bisa Menurunkan Risiko Serangan Jantung?

Benarkah Sikat Gigi 3 Kali Sehari Bisa Menurunkan Risiko Serangan Jantung?

7 April 2020
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Umumnya kebanyakan dari kita gosok gigi dua kali dalam sehari, yakni pagi hari dan malam hari. Tapi tahukah kamu bahwa menggosok gigi tiga kali dalam sehari berisiko menurunkan serangan jantung. 

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology, yang menemukan kaitan antara menyikat gigi dengan risiko gagal jantung dan fibrilasi atrium yang Iebih rendah. 

lni karena sikat gigi tiga kali sehari akan mengurangi bakteri yang hidup di antara gigi dan gusi, sehingga mencegah masuknya aliran darah. 

Sebelumnya, seorang ilmuwan di Korea telah melakukan penelitian hubungan antara kebersihan mulut dan masalah jantung pada tahun 2003 silam. 

Hasilnya, seperti dilansir Instagram @indozonehealth, 16 Desember 2019, sebanyak 12 persen mereka yang sikat gigi tiga kali dalam sehari dikaitkan dengan risiko gagal jantung lebih rendah dan risiko fibrilasi atrium. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan bakteri dalam darah serta terjadinya peradangan di dalam tubuh.