Begini Cara Tepat Menggunakan Masker Kain Untuk Cegah Corona

Begini Cara Tepat Menggunakan Masker Kain Untuk Cegah Corona

7 April 2020
Masker kain

Masker kain

RIAU1.COM - Baru-baru ini, pemerintah Indonesia telah mebginstruksikan masyarakat harus menggunakan masker untuk mencegah penularan covid 19.

Namun, masker yang disarankan untuk digunakan adalah masker kain. Sebab, masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan.

Meski tidak seefektif masker bedah atau masker N95 dalam menangkal penularan virus corona, penggunaan masker kain masih dinilai lebih baik, daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Agar masker kain lebih efektif dan berfungsi seoptimal mungkin, untuk mencegah penularan virus corona, lakukan beberapa tips berikut:



Pilihlah masker kain yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu dengan baik.

Selalu cuci tangan sebelum menggunakan masker, lalu pasang masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar tidak longgar.



Jangan menyentuh masker kain saat sedang dipakai. Jika ingin memperbaiki posisi masker kain yang berubah atau longgar, cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.

Setelah selesai digunakan, lepaskan masker kain dengan hanya menyentuh pengait atau tali pengikatnya. Kemudian, segera cuci masker kain dengan air bersih dan deterjen, atau rebus masker di air mendidih dengan suhu minimal 130 derajat Celsius.

Segera ganti dan buang masker kain jika sudah sobek atau rusak.