Sering Minum Cuka Apel? Awas, Ini Dampak Yang Harus Diwaspadai

Sering Minum Cuka Apel? Awas, Ini Dampak Yang Harus Diwaspadai

4 April 2020
Ilustrasi cuka apel

Ilustrasi cuka apel

RIAU1.COM - Cuka apel merupakan salah satu minuman populer yanf sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari membakar lemak, mengurangi kolesterol, dan menurunkan kadar gula darah.

Sebagian khasiat cuka apel tersebut memang ada yang sudah terbukti, namun ada juga yang masih butuh riset lebih lanjut. Tak hanya itu, efek samping cuka apel juga bisa terjadi pada sebagian orang, terutama jika dikonsumsi secara sembarangan.

Jangan sampai Anda terbuai dengan khasiatnya hingga menggunakannya dengan sembrono. Berikut sederet efek samping cuka apel yang bisa terjadi:



1. Kadar gula darah terlalu rendah

Sebuah studi menemukan bahwa minum cuka apel setiap hari dapat menurunkan tingkat pengosongan lambung pada pasien diabetes yang menggunakan insulin. Hal ini malah dapat memicu efek samping cuka apel berupa kadar gula darah yang turun terlampau banyak atau disebut dengan hipoglikemia.

2. Masalah pada perut

Ada alasan mengapa orang percaya bahwa cuka apel dapat menurunkan berat badan. Minuman fermentasi ini memang dapat memperlambat proses pengosongan lambung, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Meski begitu, efek samping cuka apel bisa menjadi bumerang untuk orang-orang yang memiliki gastroparesis, yakni kondisi gangguan pengosongan lambung. Umumnya, gastroparesis dialami oleh penderita diabetes.

3. Kerusakan pada lapisan enamel gigi

Efek samping cuka apel lainnya adalah dapat mengganggu kesehatan gigi. Setiap asupan yang bersifat asam telah lama diteliti dapat merusak lapisan email atau enamel gigi, termasuk cuka apel.



4. Sensasi terbakar pada tenggorokan

Asam atetat dari cuka apel adalah asam yang paling sering menyebabkan tenggorokan panas seperti terbakar pada anak-anak. Untuk itu, para peneliti menyarankan agar cuka ini disimpan dalam wadah yang tak terjangkau oleh anak-anak.

Meski belum ada kasus tenggorokan terasa terbakar yang dipublikasikan, ada satu studi yang menemukan bahwa konsumsi cuka apel berbentuk tablet menyebabkan tenggorokan panas pada seorang wanita. Ia mengalami kesulitan menelan selama enam jam akibat kondisi ini.

5 Menurunkan kadar kalium

Anda juga harus mewaspadai efek samping cuka apel yang satu ini. Jika tubuh Anda kekurangan kadar kalium, Anda bisa lebih mengalami sembelit, mudah lelah, dan kram otot.