Haruskah Kita Mencuci Semua Buah dan Sayuran Dengan Sabun ?

Haruskah Kita Mencuci Semua Buah dan Sayuran Dengan Sabun ?

2 April 2020
Haruskah Kita Mencuci Semua Buah dan Sayuran Dengan Sabun ?

Haruskah Kita Mencuci Semua Buah dan Sayuran Dengan Sabun ?

RIAU1.COM - Paranoia atas tangan kotor telah tumbuh selama beberapa minggu terakhir di tengah penyebaran COVID-19 yang mengkhawatirkan.

Telah diketahui secara luas bahwa virus yang sangat menular dapat menginfeksi Anda jika Anda menyentuh benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata Anda. Hal ini membuat orang mencuci tangan dan membersihkan lebih dari biasanya, yang merupakan kebiasaan baik dengan atau tanpa pandemi di sekitarnya.

Coronavirus diketahui dilindungi dengan lapisan lipid yang dapat dipecah dengan sabun, yang membuat mencuci tangan dan benda yang kita sentuh dengan sabun dan air merupakan praktik yang sangat dianjurkan untuk memerangi virus.

Namun, ada kebingungan apakah kita harus mencuci produk segar dengan sabun dan air. Tidak ada jaminan bahwa, pada saat buah-buahan dan sayuran telah melakukan perjalanan mereka dari petani ke meja Anda, tidak ada yang bersin atau menyentuh mereka dengan tangan yang dipenuhi virus.

Benjamin Chapman, seorang spesialis keamanan pangan di North Carolina State University mengatakan kepada Live Science bahwa mencuci produk segar dengan sabun mungkin malah menyebabkan sakit perut yang berbahaya.

“Meminum sabun cuci piring atau memakannya dapat menyebabkan mual dan perut buncit. Ini bukan senyawa yang benar-benar dibangun untuk mengatasi perut kita, ”katanya.

 

 

 

R1/DEVI

Menurut Chapman, belum ada bukti bahwa makanan atau kemasan makanan dapat menampung virus cukup lama untuk menyebabkan infeksi.

SARS-cov-2, virus yang menyebabkan COVID-19, hanya dapat bertahan untuk waktu yang terbatas di luar tubuh manusia. Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine, virus dapat bertahan di atas kardus selama 24 jam dan pada plastik dan stainless steel selama 72 jam. Virus ini juga menjadi semakin lemah saat ia berada di luar tubuh manusia, sehingga jika Anda menyentuh permukaan yang terkontaminasi berjam-jam setelah seseorang bersin di atasnya, ada kemungkinan virus itu sudah terlalu lemah untuk membuat Anda sakit.

Chapman mengatakan bahwa buah-buahan dan sayuran harus dicuci hanya dengan air bersih yang mengalir. "Itu bisa menghilangkan 90 hingga 99 persen dari [kontaminasi apa pun]," katanya.

Yang lebih penting adalah selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan dan menyantap makanan Anda, serta memasak dan menyajikan makanan Anda dengan peralatan memasak bersih, piring dan peralatan makan.