Telemedicine, Konsultasi Kesehatan Online untuk Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Telemedicine, Konsultasi Kesehatan Online untuk Antisipasi Penyebaran Virus Corona

23 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Wabah corona yang menyerang hampir sebagian besar negara di dunia, tidak terkecuali di Indonesia yang membuat kepanikan tersendiri dalam masyarakat. Terlebih virus yang mudah menular, tak jarang orang mengurungkan niatnya untuk pergi ke luar rumah.

Selain tidak mengunjungi pusat perbelanjaan, banyak masyarakat yang takut pergi ke rumah sakit walaupun kondisi fisik tidak sehat, karena itu merupakan tempat bersarangnya bakteri.

Telemedicine bisa menjadi jawaban keresahan orang-orang akan hal ini. Secara garis besar, telemedicine merupakan konsultasi yang dilakukan secara virtual antara dokter dan pasien.

Berbagai platform online di Indonesia memiliki kemampuan telemedicine. CEO Halodoc, Jonathan Sudharta menuturkan, konsultasi yang diberikan secara online bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tetap berobat dan memeriksakan diri.

“Dengan wabah virus corona, mereka pun bisa tetap menjaga diri karena tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan,” ucapnya, dilansir Tempo.co, Senin 23 Maret 2020.

Sementara itu, Head of Medical Management Good Doctor, Adhiatma Gunawan menerangkan, selain antisipasi penyebaran virus corona kepada orang-orang yang akan memeriksakan diri ke dokter, telemedicine dapat menjangkau berbagai pasien di Indonesia.

“Pasien yang mengalami keluhan tidak hanya di Jawa, tapi bisa juga di Sumatera, Kalimantan dan sebagainya. Mereka pun juga bisa mendapatkan akses kesehatan yang sama lewat telemedicine,” katanya.

Obat-obat yang dibutuhkan juga bisa langsung dibeli dan dikirim ke rumah pasien. Dengan demikian, pasien pun hanya tinggal menunggu obat dan dapat langsung mengkonsumsinya saat dibutuhkan meski ada imbauan social distancing.

“Terlebih untuk pasien dengan penyakit degeneratif yang lebih berisiko terjangkit virus, mereka bisa menunggu obat di rumah sehingga lebih aman dan terlindungi,” pungkasnya.