Ikuti 4 Langkah ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Antisipasi Virus Corona

Ikuti 4 Langkah ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Antisipasi Virus Corona

22 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Ada banyak hal untuk membantu tubuh Anda melawan virus secara alami, mulai dari tidur lebih banyak, berolahraga lebih sering, dan menjaga tingkat stres tetap rendah. Sistem kekebalan tubuh yang kuat selalu penting untuk kesehatan, terlebih di tengah pandemi corona saat ini.

"Sekarang ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan virus," ujar Neha Vyas, seorang spesialis kedokteran keluarga di Klinik Cleveland dan asisten profesor klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Case Western Reserve, seperti dikutip Tempo.co, Ahad 22 Maret 2020.

Jika mencari cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berikut 4 kunci yang harus kita ambil sekarang. Tapi, cara-cara ini bukan menyembuhkan virus corona, tetapi membangun sistem kekebalan yang dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk menjaga diri tetap sehat secara keseluruhan.

1. Cobalah untuk mengurangi stres

Penting untuk meluangkan waktu menenangkan sistem saat sedang stres, tubuh mendapat respons kode-merah, menurunkan aktivasi sistem yang tubuh anggap tidak penting untuk melawan bahaya, termasuk respon imun.

"Seiring waktu, peningkatan stres meningkatkan produksi kortisol tubuh Anda, yang dapat menurunkan jumlah sel putih tubuh Anda. Itu salah satu mekanisme tubuh Anda untuk melawan infeksi." kata Dr Vyas.

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin ini memiliki dampak menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh, penelitian menunjukkan, dengan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh. Makanan tinggi vitamin C termasuk (dalam urutan dari yang tertinggi) yakni, paprika merah, jeruk, buah kiwi, lada hijau, brokoli (lebih tinggi saat dimasak), stroberi, kubis Brussel, jeruk bali, tomat, dan blewah.

3. Sering berolahraga

Berikut adalah alasan yang baik untuk menjauh dari meja itu dan sedikit menggerakkan tubuh. Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik sedang, dapat menurunkan tingkat infeksi untuk virus (termasuk flu dan pneumonia) dan penyakit bakteri (meskipun diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini).

Ada juga semakin banyak bukti bahwa berolahraga teratur memiliki efek antiinflamasi pada tubuh (mungkin karena dapat menyebabkan penurunan berat badan), serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. "Olahraga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, membantu menghasilkan‘ merasakan bahan kimia yang baik dan membantu Anda tidur nyenyak," kata Dr Vyas.

4. Tidur yang cukup

Ketika tidak cukup tidur, cenderung menjadi sakit setelah terkena virus. Menurut hasil penelitian. Ini karena sistem kekebalan tubuh bekerja keras ketika tidur sebentar, sistem ini melepaskan protein yang Anda butuhkan untuk melawan infeksi atau peradangan.

Jika kurang tidur jumlah produksi protein ini akan berkurang. Jadi, berapa banyak tidur yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa? 7 hingga 8 jam, kata para ahli. Dan orang-orang yang lebih muda membutuhkan lebih banyak: remaja harus sekitar 9 hingga 10 jam, dan anak-anak di sekolah dasar membutuhkan 10 jam lebih, idealnya.