Sepuluh Cara Mudah Untuk Menghilangkan Stres

Sepuluh Cara Mudah Untuk Menghilangkan Stres

24 Januari 2020
Sepuluh Cara Mudah Untuk Menghilangkan Stres

Sepuluh Cara Mudah Untuk Menghilangkan Stres

RIAU1.COM - Ketika stres Anda menyerang dan Anda tidak punya banyak waktu luang, ada cara lain untuk membantu Anda tetap tenang. Percaya atau tidak, mengisap ibu jari bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres Anda dan Anda bahkan minum jus jeruk mampu menurunkan tingkat stres Anda.

Riau1.com menemukan cara paling mudah untuk mengatasi stres Anda.

1. Gunakan jari Anda sebagai tombol "reset".
Memasukkan ibu jari ke mulut dapat membantu Anda menghilangkan stres. Dengan memblokir saluran udara Anda dengan ibu jari, lalu menghembuskan napas, Anda akan mengaktifkan saraf vagus Anda. Ini pada gilirannya akan menurunkan detak jantung dan tekanan darah Anda, membuat Anda merasa lebih rileks.

Jika terlalu memalukan untuk melakukan ini di depan umum, Anda selalu dapat mencoba memberikan tekanan ke titik antara buku-buku jari kedua dan ketiga Anda. Ini bisa berfungsi sebagai semacam tombol reset, untuk membuat Anda merasa tidak terlalu stres.

2. Kunyah permen karet.
Mengunyah permen karet dapat mengurangi stres di tempat kerja dan di luar pekerjaan, menurut sebuah penelitian. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa itu juga dapat mengurangi kelelahan, kegelisahan, dan depresi dan dapat menyebabkan suasana hati yang lebih positif.

3. Menatap pola yang tidak pernah berakhir.
Dikenal sebagai fraktal, pola yang tidak pernah berakhir dapat ditemukan di alam sekitar Anda. Mereka dapat dilihat dalam bentuk geometris seperti kerang, pola beku di jendela Anda, sarang laba-laba, dan kelopak bunga. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memandang mereka dapat mengurangi tingkat stres hingga 60%.

4. Memelihara tanaman.
Tidak hanya tanaman dapat menjadi barang dekoratif di meja kerja Anda, tanaman juga bisa berfungsi sebagai penghilang stres. Kehadiran tanaman di ruang kantor langsung menurunkan tekanan darah, dan bahkan meningkatkan produktivitas, menurut sebuah penelitian.

5. Tertawa.
Endorfin adalah bahan kimia yang membantu Anda menghilangkan stres dan ketika Anda tertawa, Anda melepaskan bahan kimia ini. Bahkan jika Anda berpura-pura tertawa, itu akan menciptakan efek di dalam yang memicu pelepasan endorfin. Ketika Anda retak, peningkatan oksigen melewati organ-organ Anda dan meningkatkan aliran darah Anda. Hanya dengan berpikir tentang tertawa, dapat menurunkan tingkat stres Anda.

6. Menangis.
Kita hidup dalam budaya di mana orang dewasa menangis mungkin dianggap lemah. Tetapi sebenarnya, tangisan emosional yang baik adalah apa yang Anda butuhkan untuk mengurangi stres Anda. Stres “mengencangkan otot dan meningkatkan ketegangan, jadi ketika Anda menangis, Anda melepaskan sebagian dari itu,” kata Stephen Sideroff, seorang psikolog klinis.

7. Lakukan yoga.
Ketika Anda membutuhkan bantuan cepat dari stres, Anda tidak perlu melakukan kelas yoga penuh. Anda bahkan tidak memerlukan tikar, cukup letakkan semuanya sebentar dan lakukan pose. Anda akan merasa sedikit lebih tenang dan siap untuk melanjutkan tugas Anda.

8.  Lakukan meditasi.
Mantra adalah bentuk meditasi, yang telah dikaitkan dengan pengurangan stres kronis, serta penurunan denyut jantung dan tekanan darah. Tidak perlu waktu lama, dan itu tidak membutuhkan alat apa pun. Yang harus Anda lakukan adalah memejamkan mata dan mengulangi kata-kata yang menenangkan sampai Anda merasa lebih baik.

9. Minum jus jeruk.
Jeruk dikenal kaya vitamin C dan ini dapat membantu orang mengelola stres mereka lebih efektif. Vitamin C melakukan ini, sebagian, dengan menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol. Jadi jika minum jus jeruk sudah menjadi bagian dari rutinitas pagi Anda, Anda akan memulai yang baik.

10. Cuci piring.
Ketika Anda fokus pada aroma sabun, kehangatan air, rasa masakan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa itu bisa mengurangi kegugupan Anda hingga 27%. Jadi, jika Anda merasa stres, sudah waktunya untuk membuang mesin cuci piring dan mencuci piring sendiri.

 

 

 

R1/DEVI