Kisah Seorang Dokter yang Rendah Hati yang Menyelamatkan Ribuan Bayi Dengan Sup Wortelnya

Kisah Seorang Dokter yang Rendah Hati yang Menyelamatkan Ribuan Bayi Dengan Sup Wortelnya

18 Januari 2020
Kisah Seorang Dokter yang Rendah Hati yang Menyelamatkan Ribuan Bayi Dengan Sup Wortelnya

Kisah Seorang Dokter yang Rendah Hati yang Menyelamatkan Ribuan Bayi Dengan Sup Wortelnya

RIAU1.COM - Nama Ernst Moro mungkin tidak dikenal oleh khalayak luas saat ini, karena kita tidak banyak membaca tentang dia di buku-buku dan tidak melihat film tentang dia di televisi. Tetapi dokter anak Austria ini adalah dokter spesialis yang luar biasa, yang lewat terobosannya ia membantu menyelamatkan ribuan bayi.

Ernst Moro melakukan begitu banyak hal untuk anak-anak di seluruh dunia, dan sekarang saatnya bagi Anda untuk bertemu dengan dokter yang luar biasa ini.

Ernst Moro lahir di Ljubljana, Slovenia, yang pada waktu itu merupakan bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria, pada tahun 1874. Ia belajar di universitas di Graz, Austria, dan kemudian menjadi profesor pediatri di Universitas Heidelberg, Jerman.

Pediatri baru saja berkembang sebagai bidang kedokteran independen di Eropa pada masa itu, dan angka kematian pada bayi sangat tinggi, mencapai hampir 25%. Salah satu alasan utama mengapa ribuan bayi meninggal saat itu adalah diare. Dokter Moro berhasil menemukan cara untuk menyelamatkan bayi-bayi itu, dan pengobatannya sederhana dan jenius pada saat bersamaan.

Ersnt Moro menyarankan memberi bayi sup wortel yang dimasak sesuai resepnya sendiri. Sup wortel Moro hanya memiliki 3 bahan:

  • 1,1 pon wortel (500 g)
  • air
  • Garam

Untuk memasak sup, Anda perlu mencuci dan membersihkan wortel dan merebusnya dalam air sampai menjadi lunak. Masukkan wortel melalui saringan dan tambahkan air sehingga jumlah total cairan sama dengan 33 fl oz (1 liter). Tambahkan sejumput garam.

Ternyata sup sederhana ini menghentikan diare pada bayi, bahkan dalam bentuk terburuknya, dan resep ini membantu menyelamatkan ribuan anak.

Kemudian, penelitian menunjukkan bahwa oligosakarida yang ditemukan dalam sup wortel ini mencegah bakteri menempel pada dinding usus, menghentikan diare. Seiring waktu obat ini diganti dengan antibiotik dan obat antidiare, tetapi pada masa itu, itu membantu meningkatkan secara dramatis tingkat kelangsungan hidup pada bayi.

Terlepas dari sup wortel yang menyelamatkan jiwa, ada banyak penemuan lain oleh Ernst Moro yang menjadi tonggak sejarah pediatri modern.

  • Dia menemukan apa yang disebut "refleks pelukan" atau refleks Moro, yang membantu mendeteksi cerebral palsy kejang pada bayi.
  • Dia menciptakan istilah "trimester pertama" dan menggambarkan fitur kunci dari periode kehamilan ini.
  • Dia mengembangkan tes kulit sederhana untuk TBC yang digunakan sampai tahun 1960-an.
  • Dia menemukan bahwa tubuh bayi yang disusui melawan bakteri lebih efektif dibandingkan dengan anak-anak yang diberi susu botol.

Dokter Moro pensiun dari Universitas Heidelberg pada tahun 1936 dan terus bekerja sebagai dokter anak swasta hingga tahun 1948.

Pernahkah Anda mendengar tentang dokter Moro atau sup wortelnya sebelumnya? Apakah Anda tahu ada produk sederhana selain yang dapat bekerja dengan baik dalam hal kesehatan Anda?

 

 

 

R1/DEVI