Penelitian : Meletakkan Tanaman di Meja Ternyata Mampu Mengurangi Stres Kerja

Penelitian : Meletakkan Tanaman di Meja Ternyata Mampu Mengurangi Stres Kerja

18 Januari 2020
Penelitian : Meletakkan Tanaman di Meja Ternyata Mampu Mengurangi Stres Kerja

Penelitian : Meletakkan Tanaman di Meja Ternyata Mampu Mengurangi Stres Kerja

RIAU1.COM - Jika salah satu resolusi Anda untuk tahun 2020 adalah mengurangi tingkat stres Anda, maka menempatkan tanaman di meja kerja Anda mungkin dapat membantu, menurut penelitian baru Jepang.

Dilakukan oleh para peneliti di Universitas Hyogo di Awaji, sebuah studi baru dilakukan untuk menyelidiki apakah tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan kesehatan mental di kalangan pekerja kantor, sebuah kelompok yang biasanya tidak memiliki banyak paparan lingkungan hijau yang sehat.

Tim ini merekrut 63 karyawan untuk penelitian dan mengukur setiap perubahan dalam stres psikologis dan fisiologis peserta sebelum dan setelah menempatkan pabrik di meja pekerja.

Peserta diberikan pilihan enam jenis tanaman tanaman indoor kecil untuk tetap di meja mereka: tanaman udara, tanaman bonsai, kaktus San Pedro, tanaman dedaunan, Kokedama atau Echeveria. Begitu mereka menentukan pilihan, mereka diminta untuk meletakkan tanaman di dekat monitor PC di meja mereka.

Para peneliti kemudian melakukan dua tahap penelitian; periode kontrol satu minggu di mana para peserta bekerja tanpa tanaman di meja mereka, dan periode intervensi empat minggu di mana tanaman berada dalam penglihatan dan para peserta diminta untuk menjaganya. Selama tahap intervensi, para peserta juga diminta untuk menatap tanaman secara sengaja selama tiga menit setiap kali mereka merasa lelah.

Temuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal HortTechnology, oleh American Society for Horticultural Science, menunjukkan bahwa tekanan psikologis, yang diukur dengan tingkat kecemasan peserta, menurun secara signifikan dari sebelum ke setelah tahap intervensi penelitian. Tingkat stres psikologis juga menurun secara signifikan setelah tiga menit menatap tanaman, yang diukur dengan mengambil tingkat denyut nadi peserta.

Selain itu, tingkat kecemasan menurun di semua kelompok umur dan terlepas dari tanaman yang dipilih peserta.

Loading...

Banyak peserta juga merespons positif merawat tanaman mereka, memberikan komentar positif seperti "Melihat tanaman saya tumbuh itu menyenangkan" atau "Merawat tanaman itu rekreasi." Para peneliti mengatakan bahwa memilih tanaman mereka sendiri dan merasakan kasih sayang untuk itu dapat berkontribusi pada penurunan stres psikologis peserta, bersama dengan memiliki tanaman dalam jarak dekat.

Mereka menambahkan bahwa temuan menunjukkan bahwa menempatkan tanaman indoor kecil di kantor bisa menjadi cara yang ekonomis dan efektif untuk meningkatkan kondisi kantor bagi pekerja.

 

 

 

R1/DEVI