Lima Hal yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membuat Microbiome Anda Menjadi Lebih Sehat

Lima Hal yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membuat Microbiome Anda Menjadi Lebih Sehat

18 Januari 2020
Lima Hal yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membuat Microbiome Anda Menjadi Lebih Sehat

Lima Hal yang Dapat Anda Lakukan Untuk Membuat Microbiome Anda Menjadi Lebih Sehat

RIAU1.COM - Sudah biasa bagi orang untuk fokus pada kesehatan mereka di awal tahun. Tetapi hanya sedikit yang mempertimbangkan kesejahteraan mikroba yang hidup di dalam usus manusia - mikrobioma - yang penting bagi kesehatan individu yang baik.

Seberapa pentingkah bakteri ini?

Ada banyak sel bakteri di dalam diri kita seperti sel manusia, dan mereka membantu mengendalikan segala sesuatu mulai dari peradangan dan pengembangan dan pengobatan kanker hingga seberapa banyak energi yang kita dapatkan dari makanan kita dan bahkan mungkin makanan apa yang kita inginkan dan suasana hati kita.

Ketika microbiome kita menjadi tidak seimbang, sering diindikasikan ketika spesies atau kelompok bakteri tertentu menjadi terlalu berlimpah, fungsi-fungsi ini dapat terganggu, berkontribusi pada pengembangan berbagai penyakit seperti obesitas, kanker, penyakit radang usus dan banyak lainnya.

Mikroba usus kita juga bertanggung jawab untuk produksi gas ketika kita makan makanan baru karena mikroba beradaptasi dengan sumber nutrisi baru di lingkungan mereka. Jadi jelas kami ingin memiliki microbiome yang sehat, tapi apa itu?

Ada banyak perdebatan mengenai apa yang sebenarnya membentuk komunitas sehat mikroba usus, tetapi satu hal telah menjadi jelas. Manusia membutuhkan mikrobioma yang beragam dengan berbagai spesies bakteri yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan berbagai makanan yang mungkin ingin kita konsumsi sambil tetap melakukan semua fungsi penting seperti mencegah peradangan.

Jadi apa saja hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung microbiome yang sehat dan beragam?


Makanlah buah dan sayuran 
Sementara semua makanan berbeda yang membentuk diet Anda dapat memengaruhi mikrobioma usus, itu adalah serat - karbohidrat dalam makanan kita yang tidak dapat kita hancurkan sendiri tetapi bakteri dalam usus kita dapat digunakan dengan mudah - yang menggerakkan pembentukan mikrobioma yang sehat.
Makan beragam buah dan sayuran yang beragam dan berlimpah adalah cara yang bagus untuk memberi makan beberapa bakteri yang paling menyehatkan dalam usus kita.

Tambahkan pati resisten
Sebagian besar pati dalam makanan kita - seperti roti putih dan pasta - dengan cepat dipecah dan diserap. Tetapi sebagian kecil dari pati itu tahan terhadap pencernaan dan bertindak lebih seperti serat, memberi makan bakteri dalam usus kita. Pati resisten telah diidentifikasi sebagai sangat bermanfaat untuk mendukung semua fungsi yang sehat dari mikrobioma usus.

Makaroni, pasta, dan salad kentang yang tersisa mungkin lebih baik untuk Anda ketika mikroba berumur beberapa hari. Mark Skalny
Beberapa sumber pati resisten termasuk kentang dan kacang-kacangan.

Loading...

Semua sumber pati juga menjadi lebih tahan setelah dimasak dan kemudian didinginkan di lemari es. Jadi kentang dan pasta yang tersisa itu, dingin atau dipanaskan kembali, mungkin memiliki tambahan punch mikrobiome.

Percobaan dengan serat yang berbeda
Tidak semua mikrobioma usus adalah sama dan tidak semua serat sama. Serat dan mikrobiom tertentu akan bercampur lebih baik daripada yang lain, tergantung pada fungsi apa yang ada. Ini berarti Anda perlu melakukan beberapa percobaan untuk melihat serat apa yang membuat Anda dan usus Anda merasakan yang terbaik.

Anda dapat melakukan ini dengan suplemen serat atau dengan berbagai kategori sumber serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan atau sayuran silangan seperti brokoli. Berikan microbiome Anda beberapa minggu untuk menyesuaikan masing-masing sumber serat untuk melihat bagaimana responsnya.

Latihan untuk Anda dan mikroba Anda
Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya baik untuk jantung Anda, tetapi juga baik untuk usus Anda. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa laktat yang diproduksi selama latihan dapat memengaruhi mikroba usus tertentu - meskipun kami belum tahu bagaimana dan mengapa. Mulai dengan lambat jika Anda belum melakukan aktivitas fisik secara teratur sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Anda. Jika Anda mulai pada Tahun Baru, pada Hari Valentine Anda bisa berjalan setiap hari, atau melakukan beberapa waktu aktivitas yang Anda sukai, untuk membantu hati, pikiran, dan usus Anda.

Tambahkan makanan probiotik ke dalam diet Anda
Apa makanan probiotik? Ini adalah makanan yang mengandung mikroorganisme yang memiliki manfaat kesehatan. Ada beberapa jenis mikroorganisme bermanfaat yang ditambahkan ke makanan seperti yogurt, atau secara alami ditemukan dalam makanan fermentasi lainnya - seperti sauerkraut atau kimchi - yang memberi mereka efek yang meningkatkan kesehatan. Cobalah salah satu dari makanan ini.

 

 

R1/DEVI