Lebih Bahaya Dari Ngebut Tanpa Helm, Berikut Dampak Mengerikan Jika Malas Olahraga

Lebih Bahaya Dari Ngebut Tanpa Helm, Berikut Dampak Mengerikan Jika Malas Olahraga

14 Desember 2019
Foto:internet

Foto:internet

RIAU1.COM - Rutin berolahraga merupakan salah satu pola hidup agar tubuh tetap sehat. Karena, jika jarang berolahraga tak hanya membuat berat badan dan tingkat stres cenderung naik, namun juga metabolisme tubuh tidak mampu bekerja sempurna.

Bahaya jarang berolahraga juga tak main-main. Melansir jitumews, berikut bahaya yang ditimbulkan dari jarang berolahraga yang bisa dibilang lebih parah daripada gaya hidup tidak sehat lainnya.



1. Kematian Mendadak

Jurnal medis Lancet mengungkap bahwa satu dari 10 kematian mendadak di dunia disebabkan karena malas berolahraga. American Heart Association menyarankan untuk rutin melakukan olahraga 3-4 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit.

2. Depresi

Orang yang jarang berolahraga cenderung lebih mudah depresi ketimbang mereka yang melakukan olahraga secara rutin. Hal ini diungkap melalui riset yang dilakukan oleh American Journal of Preventive Medicine. Saat berolahraga, tubuh melepaskan sejumlah hormon endorphine dan oksitosin yang membuat efek bahagia, senang dan gembira.



3. Penuaan Dini

Rutin olahraga membuat kepadatan tulang lebih baik. Tubuh, otot akan menjadi lebih kuat dan bekerja secara maksimal. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat sehat yang akan melemaskan kulit sehingga membuat kulit tidak cepat tua dan keriput.

4. Gampang Sakit

Melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan kinerja sel darah putih. Sel darah putih ini berfungsi sebagai imun tubuh untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, penumpukan lemak selain membuat berat badan tidak terkontrol, juga dapat memicu beragam penyakit. Hal ini diungkap oleh Department of Health and Human Services Amerika Serikat

Loading...