Salah Makan dan Minum Bisa Membuat Perut Tidak Nyaman Saat Berolahraga

Salah Makan dan Minum Bisa Membuat Perut Tidak Nyaman Saat Berolahraga

17 November 2019
Ilustrasi minum susu. Foto: Shutterstock.

Ilustrasi minum susu. Foto: Shutterstock.

RIAU1.COM -Sebelum olahraga, Anda disarankan mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan makanan atau minuman. Pilihan camilan sebelum berolahraga memainkan peran penting dalam kinerja Anda selama latihan yang intens.

Dilansir dari Tempo.co, Minggu (17/11/2019), camilan yang tidak tepat bisa membuat Anda tidak nyaman. Sama halnya ketika berolahraga tanpa bahan bakar yang cukup. 

Salah makan dan minum bisa membuat Anda kembung sehingga perlu istirahat. Agar hal itu tidak terjadi, berikut daftar makanan dan minuman yang harus Anda hindari makan sebelum berolahraga.

Pertama, minuman berkarbonasi. Minuman berkarbonasi tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kram perut dan mual selama sesi latihan.

Selain itu, minuman bersoda mengandung tinggi gula yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Jadi, pilihlah segelas air putih saja. Minumlah dua hingga tiga gelas air setidaknya dua hingga tiga jam sebelum berolahraga.

Kedua, susu. Susu sepertinya pilihan ideal sebelum olahraga.

Loading...

Tapi, sebaiknya hindari minuman itu karena dapat membuat Anda mual dan kembung sehingga terpaksa batal olahraga. Tapi, produk dairy seperti keju, yoghurt, dan susu cocok sebagai camilan pasca latihan karena kaya akan lemak. Makanan itu akan membantu Anda merasa kenyang setelah berolahraga.

Ketiga, kacang. Kacang-kacangan sarat dengan protein, tapi makanan ini membutuhkan waktu untuk dicerna karena kaya serat.

Karena itu, makanan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kembung selama sesi latihan. Mungkin ini bisa membuat Anda tidak nyaman latihan.

Terakhir, makanan pedas. Makanan pedas tidak hanya menyebabkan mulas dan ketidaknyamanan, tetapi juga dapat menyebabkan kram. Semua ini pada akhirnya dapat memperlambat latihan Anda. Jadi, sebaiknya hindari makanan ini.