Sejarah Panjang Ford GT40, Tokoh Utama Dalam Film Ford vs Ferrari

Sejarah Panjang Ford GT40, Tokoh Utama Dalam Film Ford vs Ferrari

15 November 2019
Ford GT40 (Foto: Istimewa/internet)

Ford GT40 (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Banyak yang penasaran dengan sejarah salah satu mobil yang menjadi tokoh utama dalam film Ford vs Ferrari, Ford GT40. Mobil ini lahir dari keinginan pemilik perusahaan Ford, Henry Ford Jr untuk mengalahkan Ferrari di sebuah ajang balapan bergengsi waktu itu, Le Mans 24 dikutip dari suara.com, Jumat, 15 November 2019.


Perseteruan itu dimulai saat Ford akan mengakuisisi Ferrari yang akan bangkrut. Namun deal tersebut batal karena Ford dianggap tidak memenuhi ambisi bos Ferrari saat itu yang sangat menggemari dunia balapan.

Alhasil, dimulailah pembuatan mobil Ford GT40 yang diciptakan untuk mengalahkan Ferrari. Mobil ini sengaja dibuat untuk diikutkan ke sebuah turnamen balapan ketahanan Le Mans 24 di mana Ferrari sangat mendominasi di kompetisi era tahun 60-an tersebut. Sehingga, Ford GT bisa keluar sebagai mobil Amerika pertama yang memenangi kompetisi itu.

Ford GT40 diperkenalkan di ajang New York Auto Show pada tahun 1964 dengan spesifikasi V8 4.2 liter. Mengembuskan tenaga hingga 350 hp. Namun pada saat mobil ini akan diikutkan kontes balapan, spesifikasinya diubah menjadi V8 4.7 liter.

Loading...