Air Mineral Atau Air Lemon, Mana Yang Lebih Sehat?

Air Mineral Atau Air Lemon, Mana Yang Lebih Sehat?

10 November 2019
Air lemon

Air lemon

RIAU1.COM - Banyak hal sehat dan positif bagi tubuh yang dapat dilakukan pada pagi hari. Salah satunya dengan mengembalikan cairan tubuh. Minum air saat bangun pagi telah diketahui memberi dampak yang baik untuk kesehatan. Namun, memilih jenis air yang sebaiknya diminum pada pagi hari kerap menimbulkan dilema. Apakah air putih biasa atau dengan perasan jeruk lemon?

Tubuh kita sekitar 50-60 persen terdiri atas air. Artinya, tubuh perlu air supaya bisa berfungsi maksimal. Saat kita kekurangan air atau mengalami dehidrasi, semua organ bekerja lebih keras menjalankan fungsinya.

Kecukupan konsumsi air putih per hari membantu tubuh mengeluarkan racun lewat urine, feses, dan mencegah terjadinya batu ginjal. Manfaat serupa juga diperoleh dari kandungan asam sitrat dalam lemon, yang mampu mencegah terbentuknya kristal mineral dan menjadi batu ginjal.



Meski demikian, sebagaimana mengutip detikhealth menurut Maeng, manfaat yang diperoleh dari minum air lemon sebetulnya juga efek dari peningkatan konsumsi air putih tiap hari. Kebanyakan orang saat ini tidak minum cukup air putih setiap hari. Sehingga, minum air putih atau air lemon di pagi hari membantu tubuh terhidrasi sebelum beraktivitas.



Meski aman dikonsumsi, kandungan asam dalam lemon bisa membahayakan lapisan pelindung gigi. Paparan asam terus menerus berisiko mengakibatkan gigi mudah berlubang. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya gunakan sedotan saat minum air dengan lemon.

Selain itu, jangan langsung sikat gigi usai minum air lemon. Sebaiknya tunggu hingga satu jam atau bilas dengan berkumur air putih terlebih dulu untuk menghilangkan efek asam. Sikat gigi saat suasana mulut asam berisiko mengakibatkan abrasi atau penipisan gigi.

Loading...