Benarkah Makan Timun Bisa Sebabkan Keputihan?

Benarkah Makan Timun Bisa Sebabkan Keputihan?

18 Juli 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Terdapat sebuah mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat yang menyebutkan jika makan timun bisa menyebabkan keputihan. Apakah hal ini memang benar adanya? 

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makan timun bisa menyebabkan masalah keputihan pada wanita ternyata tidak benar adanya. 

Sebagai informasi, dilansir Instagram @tanya_dokter, 17 Juli 2019, keputihan terjadi saat organ vital wanita memproduksi cairan dengan jumlah yang Iebih banyak dari biasanya. Biasanya, keputihan ini termasuk dalam hal yang wajar terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. 

Keputihan yang normal sendiri bisa diketahui dengan tanda layaknya keluarnya cairan dengan warna yang jernih, jumlah yang tidak terlalu banyak, serta tidak menimbulkan bau tidak sedap. Biasanya, keputihan yang normal ini terjadi menjelang awal masa subur. Meskipun terkadang membuat tidak nyaman, keputihan ini justru dianggap sebagai hal yang baik dalam menjaga kesehatan organ vital wanita dan mencegah datangnya masalah vagina kering atau infeksi vagina. 

Loading...

Hanya saja, sebagian wanita mengalami masalah keputihan yang tidak normal yang ditandai dengan cairan yang berwarna kekuningan atau kehijauan, adanya darah pada cairan tersebut, hingga munculnya bau amis yang menyengat, rasa gatal pada sekitar vagina, hingga gataI-gatal pada perut bagian bawah. Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah keputihan ini kerap kali disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, hingga parasit. 

Hal ini berarti, timun sama sekali tidak ada kaitan dengan datangnya masalah keputihan ini.