Lakukan Ini untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Sperma dengan Cepat

Lakukan Ini untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Sperma dengan Cepat

17 Juli 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Apa yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan sperma dengan cepat? Menurut beberapa ahli lihat dari warnanya. Warna sperma bisa jadi petunjuk apakah seorang pria ada penyakit atau mengonsumsi makanan tertentu. 

Dilansir Instagram @tanya_dokter, 16 Juli 2019, berikut ulasannya.

1 . Bening 

Dikutip dari Healthline warna sperma yang bening kemungkinan karena cairan air mani cenderung encer. Hal ini normal terjadi dan tandanya seorang pria sehat 

2. Putih 

Warna sperma putih menurut seksolog dr Andri Wanananda, MS, dari Universitas Tarumanagara juga adalah warna yang normal bagi sperma sehat. 

3. Abu-abu 

Warna sperma abu-abu bisa jadi tanda kalau cairan air mani cenderung lebih kental dan ini adalah hal normal. Status kesuburan pria yang spermanya bening, putih, atau abu-abu tidak bisa diketahui secara kasat mata. 

Loading...

4. Kuning 

Sperma agak kuning bisa jadi tanda kalau seseorang mengonsumsi makanan tinggi sulfur seperti bawang atau brokoli. Namun bila warna kuningnya pekat menurut dr Andri bisa jadi ini tanda ada peradangan atau infeksi. 

5. Merah 

Warna sperma kemerahan kemungkinan tanda tercampur darah. Hal ini bisa disebabkan penyakit mulai dari infeksi, kanker, hingga cedera akibat sesi bercinta yang terlalu intens. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter bila menemui warna sperma berwarna kemerahan. 

6. Coklat 

Warna sperma coklat kehitaman juga jadi tanda kalau air mani tercampur darah. lni terjadi karena warna merah darah pada berubah hitam ketika dlbiarkan lama terpapar oksigen. Penyebabnya sama seperti sebelumnya bisa karena penyakit infeksi, kanker, hingga cedera.